Terkait Program Nuklir Iran, PBB Terjunkan Inspektur ke Iran

Iran, Seruu.Com - Kepala inspektur nuklir PBB tiba di Iran Minggu dalam misi menjernihkan "masalah substansial yang menonjol" pada program atom Tehran, dan menyerukan dialog dengan negara Islam itu.

Sebelum meninggalkan bandara Wina, Kepala Inspektur Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Herman Nackaerts mengatakan kepada para wartawan bahwa pembicaraan telah lama tertunda, lapor AFP.

"Kami sedang mencoba memecahkan semua masalah menonjol dengan Iran," katanya.

"Khususnya kami mengharapkan Iran akan terlibat dengan kami mengenai kemungkinan dimensi militer program nuklir Iran. Kami berharap memulai dialog, sebuah dialog yang lama sekali tertunda."

Nackaerts memimpin enam orang anggota tim IAEA yang dijadwalkan akan menemui para pejabat Iran mulai Minggu hingga Selasa. Delegasi mendarat di Tehran Minggu pagi, lapor kantor berita resmi IRNA.

Tim tersebut menyertakan orang kedua IAEA Rafael Grossi, warga negara Argentina, dan pejabat legal senior badan pengawas tersebut Peri Lynne Johnson, seorang warga negara AS, menurut para diplomat.

Nackaerts, seorang warga negara Belgia, menolak untuk memberikan komentar mengenai siapa yang akan dia temui selama perjalanan tersebut, yang dimaksudkan untuk menjernihkan apa yang IAEA sebut "masalah substantif menonjol" pada program nuklir Tehran.

IRNA mengutip Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi, di Addis Ababa dalam pertemuan Uni Afrika, dengan menyatakan dia "optimistis" mengenai kunjungan delegasi tersebut.

"Kami telah melakukan bekerja sama luas dan erat dengan badan itu dan kami selalu mempertahankan transparansi sebagai salah satu prinsip kami bekerja dengan badan tersebut," katanya.

Badan itu menambahkan bahwa tim kemungkinan akan mengunjungi lokasi pengayaan Fordo di selatan ibu kota Tehran.

Awal bulan ini, IAEA mengatakan Iran telah memulai pengayaan uranium hingga kemurniaan 20 persen di dalam bunker gunung di Fordo, secara signifikan membuatnya mendekati batas 90 persen yang dibutuhkan untuk bom nuklir. [ant]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU