Aksi Menolak INCO Meluas, Warga Blokir Jalan dan Sweeping Truk INCO di Luwu Timur
Warga dari Rakyat Menggugat yang melakukan Sweeping terhadap Truk INCO
Seluruh kendaraan perusahaan PT Vale Indonesia terutama yang memuat material tambang terpaksa kami perintahkan kembali hingga tuntutan kami dipenuhi pihak manajemen," ujar koordinator aksi Andi Baharuddin.

Luwu, Seruu.com - Aksi unjukrasa warga terhadap keberadaan PT. Vale INCO di Sulawesi terus berlanjut dan meluas. Setelah sebelumnya terjadi pembakaran terhadap kantor dan mes PT INCO di Kabupaten Morowali hari ini, Rabu (15/2/2012) ratusan massa yang tergabung dalam masyarakat peduli lingkungan (Mapli) dan Rakyat menggugat Luwu Timur, melakukan aksi blokir jalan di pertigaan jalan poros Towuti-Sorowako, Luwu Timur.

Selain berorasi, puluhan massa yang mengenakan seragam bertuliskan rakyat menggugat ini juga mencegat dan menahan seluruh kendaraan operasional milik PT Vale Indonesia (dulunya PT Inco) baik dari arah Malili maupun Sorowako.

“Seluruh kendaraan perusahaan PT Vale Indonesia terutama yang memuat material tambang terpaksa kami perintahkan kembali hingga tuntutan kami dipenuhi pihak manajemen," ujar koordinator aksi Andi Baharuddin.

Adapun poin tuntutan Mapli diantaranya desakan penurunan emisi SO2 (sulfur) yang dinilai telah melewati ambang batas toleransi, penyaluran dan comdev yang hanya dinikmati sekelompok orang serta rekruitmen tenaga kerja lokal pada program pelatihan dan pendidikan industri (PPI) yang dikelolah oleh PT Vale Indonesia.

“Akibat emisi S02 PT Vale Indonesia yang sudah diambang batas mengakibatkan tanaman pertanian masyarakat seperti merica dan kakao mati. Begitupun di sektor perikanan, banyak ikan yang dibudidayakan warga  mati akibat rembesan air (limbah) yang mencemarinya," lanjut Baharuddin.

Massa mengancam akan terus melakukan aksi demonstrasi hingga tuntutan mereka dipenuhi manajemen perusahaan. Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari manajemen PT Inco terkait tuntutan tersebut. [ndis]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU