Berikut Alasan Freeport Hentikan Operasional Tambang
Logo Freeport

Jakarta, Seruu.com - PT Freeport Indonesia membenarkan bahwa mereka sedang mengalami gangguan operasional kerja sejak Kamis (23/02). Dalam pernyataan tertulis yang diterima redaksi, juru bicara PT Freeport Indonesia (PTFI), Daisy Primayanti mengatakan gangguan kerja itu terkait dengan upaya memulihkan kegiatan kerja PTFI. Namun mereka membantah tudingan sengaja melanggar kekepakatan dengan Serikat Pekerja.

"PTFI mematuhi persyaratan dalam kesepakatan bersama dengan serikat buruh. Kami yakin bahwa para pekerja yang kembali ke tambang melakukan aksi kekerasan dan intimidasi terhadap para pekerja dan supervisor yang tidak ikut mogok kerja," kata Daisy, Jumat (24/2/2012).

Menurut Daisy, saat ini PTFI bekerja sama dengan para pimpinan serikat buruh dan pejabat pemerintah setempat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sementara itu juru bicara serikat buruh PT Freeport Indonesia, Juli Parorongan, mengatakan terhentinya operasi tambang bukan akibat aksi mogok kerja.  "Perusahaan memutuskan sepihak untuk menghentikan operasi karena mereka mengatakan ada intimidasi terhadap karyawan yang tahun lalu tidak ikut mogok kerja," kata Juli.

Ia mengakui adanya tindakan intimidasi tersebut tapi hal itu bersifat pribadi dan bukan dilakukan oleh serikat buruh. Hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai kapan operasi tambang akan kembali normal.

Sejumlah 8.000 dari 23.000 karyawan Freeport mulai melakukan pemogokan sejak 15 September lalu karena karyawan menuntut kenaikan gaji sebesar 20 kali lipat dari gaji minimum sebesar US$1,50 per jam menjadi $30 per jam.

Dalam negosiasi untuk mengakhiri mogok, PTFI menyetujui peningkatan upah pokok sebesar 24 persen pada tahun pertama, dan 13 persen pada tahun kedua (atau setara dengan peningkatan sebesar 40 persen bila digabungkan selama dua tahun).

Selain itu, PTFI menyetujui berbagai peningkatan tunjangan, termasuk penambahan bonus kerja shift dan lokasi, tunjangan perumahan, bantuan pendidikan, dan program tabungan masa pensiun. [ms]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU