Pemerintah Berikan Dua  Opsi Kenaikan BBM Kepada DPR
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, beserta jajaran memberikan pandangan strategi opsi penaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR-RI (Cesare/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik,  beserta jajaran memberikan pandangan strategi opsi penaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan dilakukan oleh pemerintah saat Rapat Dengar Pendapat  (RDP) dengan Komisi VII DPR-RI, Selasa (28/02/2012), di Senayan, Jakarta.

Dalam RDP itu Menteri ESDM mengajukan dua usulan kepada DPR terkait harga minyak dunia yang terus naik, yaitu kenaikan harga BBM bersubsidi Rp1.500 per liter dan pemberian subsidi tetap Rp2.000 per liter untuk premium dan solar.

"Opsi pertama Kenaikkan sesuai harga jual eceran premium dan solar sebesar Rp1500 dan kedua, mengikuti harga minyak dunia atau kenaikkan dimaksimalkan pada level Rp2000 (berapa pun nanti harga minyak dunia/subsidi tetap di Rp2000/liter karena perkiraan pada tahun-tahun mendatang harga minyak akan terus melonjak)," ujar Menteri Jero.

Selain itu, Jero memaparkan rencana pemanfaatan hasil penghematan subsidi BBM sebagai berikut:
-Melaksanaan diversivikasi BBM ke BBG.
-Melengkapi infrastruktur pengawasan pendistribusian BBM bersubsidi
-Penambahan infrastruktur energi, seperti pembangunan kilang minyak dan lain -lain
-mendukung perbaikan sistem transportasi nasional

Selain itu Jero juga membeberkan strategi pemberian kompensasi kenaikan harga BBM khususnya untuk masyarakat terdampak, yaitu:

A. Kompensasi untuk perlindungan kepada masyarakat tidak mampu.
B. Kompensasi transportasi (Misalnya: pemberian kupon ongkos atau bus anak-anak sekolah, bantuan STNK dan KIR untuk angkutan umum)
C. Kompensasi pangan (Misalnya menambah raskin).
D. Kompensasi bantuan pendidikan.

Dijelaskannya semua kompensasi tersebut akan dimatangkan dalam APBN-P 2012 ini. Dan rencananya jika DPR-RI lewat Komisi VII menyetujui semua rencana ini, maka kenaikan BBM untuk di Jawa-Bali akan diberlakukan pada bulan April 2012. Hingga saat ini Rapat Dengar Pendapat terkait rencana penaikan BBM ini masih berlangsung di ruang rapat Komisi VII DPR-RI. [Cesare]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU