Menteri Hatta Pastikan Tarif TDL Tetap Naik Meski Tidak Bersamaan Dengan Kenaikan BBM
Hatta Rajasa

Jakarta, Seruu.com - Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan jika Tarif Daftar Listrik (TDL) diputuskan dinaikkan, maka kenaikannya tidak dilakukan bersamaan dengan kenaikan harga BBM bersubsidi sehingga masyarakat tidak terbebani.

"Saya kira harus diatur iramanya jangan sekaligus begitu, gradual saja sehingga kita, perusahaan dan masyarakat bisa menyesuaikan, jangan langsung "bleg" gitu berat," kata Hatta di Istana Presiden Jakarta, Kamis (01/3/2012) setelah menghadiri pengucapan sumpah Ketua Mahkamah Agung yang baru Hatta Ali yang juga dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Meski Hatta memastikan kenaikan TDL akan tetap diberlakukan namun ia juga menegaskan masih harus dibicarakan dengan DPR sehingga dapat mencapai kebijakan yang terbaik.  Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan rencana untuk menaikkan harga jual BBM bersubsidi karena beban subsidi yang makin meningkat akibat naiknya harga minyak mentah dunia akibat sejumlah faktor.

Pemerintah juga tengah menyiapkan paket bantuan langsung dengan mekanisme yang masih dipersiapkan sehingga saat implementasinya nanti bisa berjalan lancar dan berkaca dari masalah yang terjadi dalam pelaksanaan bantuan langsung tunai (BLT) diwaktu yang lalu.

Sementara itu Menko Kesra Agung Laksono mengatakan pemerintah tengah menyiapkan mekanisme Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).  "Per bulan dapat Rp150.000. Mengambil di kantor pos. Nanti ada datanya dipanggil. Jadi sembilan bulan dari bulan April. Dan begitu diumumkan, maka bulan itu pula berlaku. Tidak boleh ada selisih waktu," katanya.

Selain BLSM, pemerintah juga menyiapkan mekanisme pemberian bantuan lainnya.  "Ya ada penambahan item bantuan, ada empat. Yakni BLSM, raskin, subsidi siswa miskin ditambah lagi satuannya ditambah, jumlah siswanya ditambah, dan subsidi untuk mengelola angkutan umum dan angkutan desa. Pendidikan sampai perguruan tinggi, bukan lagi hanya SMA," kata Agung.

Menurutnya, saat ini program pemberian bantuan tersebut masih terus dibahas dan harus menunggu persetujuan DPR RI. [ms]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU