Tepis Kemungkinan Perang, Obama Tegaskan Pilih Diplomasi Untuk Hadapi Iran
Barack Obama

Washington, Seruu.com - Presiden Amerika Barack Obama menegaskan kembali komitmennya atas semua pilihan – termasuk tindakan militer – untuk mencegah supaya Iran jangan memiliki senjata nuklir. Tetapi ia mengatakan kepada Komite Urusan Publik Amerika-Israel (AIPAC) di Washington hari Minggu, ia lebih memilih menyelesaikan masalah ini secara diplomatik.

Presiden Obama mengatakan kepada organisasi pro-Israel yang berpengaruh itu, bahwa “terlalu banyak pembicaraan yang tidak perlu tentang perang” melawan Iran. Ia mengatakan diskusi semacam itu hanya menguntungkan Iran – karena menaikkan harga BBM – yang diperlukan pemerintah Iran untuk membiayai program nuklirnya.

Presiden Obama mengatakan “sekarang bukan saatnya untuk menggertak”, namun sebaliknya ini saatnya untuk meningkatkan tekanan dan mempertahankan koalisi internasional yang luas menentang pemilikan senjata nuklir oleh Iran.

Pidato Presiden Obama disampaikan saat memuncaknya keprihatinan dunia tentang program nuklir Iran dan kemungkinan tindakan pencegahan oleh Israel. Situasi ini diperkirakan akan mendominasi pembicaraan ketika Presiden Obama menyambut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Gedung Putih hari Senin.

Israel dan negara-negara Barat menuduh Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir dengan berkedok program energi sipil, sebuah tuduhan yang disangkal Iran.

Iran – yang mengklaim memiliki ambisi nuklir untuk maksud-maksud damai – telah membuat sejumlah pernyataan yang menunjukkan kesiapannya untuk berdialog dengan dunia internasional, tetapi menyampaikan sejumlah persyarataan demi berlangsungnya dialog itu. [ms]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU