Hari Ini Pemerintah dan DPR Putuskan Besaran Kenaikan Harga BBM

Jakarta, Seruu.Com - Pemerintah dan DPR memutuskan besaran kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada Selasa (6/3). Pemerintah dikejar tenggat waktu 1 April untuk mengurangi subsidi BBM melalui penyesuaian harga.

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo mengungkapkan, pemerintah telah menyerahkan draf perubahan APBN 2012 ke DPR pada akhir Februari 2012.

"Insya Allah besok itu adalah Sidang Paripurna, pemerintah akan menyampaikan secara resmi pengantar dari Nota Keuangan dan Rencana APBNP 2012," ungkapnya di Gedung DPR, Senin (5/3/2012).

Ia berharap, usai dipaparkan dalam Sidang Paripurna, DPR segera menggelar pembahasan APBNP 2012 dengan pemerintah agar dapat diputuskan sebelum April nanti. "Terus kemudian kita langsung, kita mengharapkan ada pembahasan dengan DPR selama satu bulan sehingga nanti kita 29 apa 20 Maret, kita sudah bisa memperoleh APBNP 2012," paparnya.

Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Evita Legowo mengingatkan meski DPR menyetujui kenaikan harga BBM bersubsidi, bukan berarti tidak ada pembatasan kuota BBM. Konsumsi BBM bersubsidi tetap diatur untuk menghindari terjadinya over kuota.

Pmerintah tidak mampu menghindari kenaikan harga BBM bersubsidi termasuk risiko dari menaikkan harga BBM. Bank Indonesia memprediksi jika kenaikan harga BBM terjadi sebesar Rp1.500 per liter maka akan terjadi inflasi  sebesar 2,3 hingga 2,4 persen. [ksr]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU