Kementrian ESDM Siap Teliti Semburan Gas di Polewali Mandar
Kementrian ESDM

Seruu.com - Dinas Pertambangan Energi dan Sumber Daya Mineral Sulawesi Barat akan segera menerjukan tim untuk meneliti semburan gas di Dusun Gernas, Kelurahan Madatte, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

"Dalam waktu dekat akan menurunkan tim untuk melakukan penelitian lebih lanjut," kata Kepala Dinas ESDM Sulbar Agus Salim Tamaudjoe di Mamuju, Selasa (06/3/2012).

Menurutnya, penilitian perlu dilakukan untuk mengetahui semburan api dari perut bumi yang sempat menggegerkan warga setempat.  Ia mengatakan, kemungkinan terjadinya semburan api itu dipengaruhi dua hal yakni akibat pembakaran material sampah yang menghasilkan biogas atau karena karbon oksigen.

Jika semburan api karena karbon oksigen maka itu besar potensinya ada cekungan minyak yang terdapat di dasar perut bumi.

Namun demikian, kata dia, dirinya tidak yakin jika semburan api itu muncul karena adanya cekungan minyak yang terdapat dalam perut bumi.

"Saya lebih curiga itu karena hasil pembakaran sampah sehingga menimbulkan biogas. Apalagi, lokasi ditemukannya semburan api terdapat pada wilayah pembuatan batu bata," ungkap dia.

Apalagi kata Agus, lokasi ditemukannya semburan gas ini sama sekali tidak ada dalam peta bahwa daerah itu terdapat potensi minyak dan gas (Migas).

Karena itu kata dia, kecil kemungkinan bahwa semburan gas di Polman itu bukan karena mengandung migas. "Kami tidak berkecil hati atas adanya penemuan semburan gas oleh masyarakat di Polman dan akan tetap melakukan kajian secara mendalam apakah semburan ini bisa dikelola menjadi kekayaan daerah atau tidak," katanya. [ndis]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU