Soal BBM, Pemerintah Indonesia membandingkan Dengan Negara Baru
Dewi Aryani, Anggota Komisi VII DPR RI

Jakarta, Seruu.com - Anggota Komisi VII DPR RI, Dewi Aryani menganggap lucu pernyataan pejabat pemerintah soal kenaikan harga Bahan Bakar Minyak dengan membanding secara sepotong-sepotong keadaan di Indonesia dengan negara lain.

"Ini lucu, kita kan sudah merdeka berpuluh tahun lamanya, sejak 1945. Sementara pembangunan sudah digenjot puluhan tahun juga. Minyak bumi bahkan sudah dibor sejak masih jaman penjajahan, kok sekarang dibandingkan dengan negara yang baru bangkit seperti Timor Leste dan Vietnam," tuturnya, Kamis (15/3/2012).

Ia menilai pernyataan tersebut sangat mengada-ada dan mencerminkan kepanikan pemerintah dalam memberikan penjelasan kepada rakyat alasan mereka menaikan harga BBM dan mengurangi subsidi.

Pernyataan Dewi tersebut menanggapi ucapan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang PS Brojonegoro yang menuturkan, meskipun naik, harga BBM di Indonesia masih jauh lebih murah dibandingkan dengan negara lainnya. Timor Leste dan Vietnam lalu menjadi rujukan perbandingan pejabat tersebut.

"Harga (BBM) kita sudah sangat murah, harga BBM kita jauh lebih murah dari vietnam, Timor Leste. Padahal GDP per kapita kita lebih tinggi dari mereka," ungkapnya kala ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (15/3/2012).

Sementara menurut data yang kami dapatkan Indonesia bukanlah negeri dengan harga BBM termurah di dunia.

Dikutip dari lovemoney, berikut 10 negara dengan harga BBM termurah se dunia. Dimulai dari posisi 10 yakni Uni Emirat Arab (UEA). Sebagai salah satu negara pemasok minyak terbesar minyak di dunia, harga BBM di UEA hanya Rp4.300 per liter.

Posisi ke-9 ditempati Bahrain, yang menjual BBM sekitar Rp3.159 per liter. 60 persen perekonomian negara berakar pada pemurnian minyak bumi, yang selama sepuluh tahun terakhir semakin kuat. Harga BBM murah juga terpengaruh karena luas negara pulau ini hanya sekitar 266 mil atau bila berkendaraan 100 mil/jam, maka hanya memerlukan jarak tempuh 161 Km. Jadi buat apa BBM mahal, sementara luas negara lebih kecil dari sebuah Provinsi di Indonesia.

Qatar, negara ke-8 yang menjual BBM murah. Di negara terkaya di dunia ini, harga minyak bagi rakyatnya hanya Rp2.575 per liter. Disusul Kuwait, yang menjual BBM dengan harga Rp2.457 per liter.

Sebagai negara dengan cadangan minyak terbesar di Afrika, Libya termasuk negara yang menjual BBM murah di dunia. Negara bekas rezim Khadafi ini menjual BBM hanya sekitar Rp1.636 per liter.

Posisi kelima, adalah Arab Saudi. Negara eksportir minyak terbesar di dunia ini menjual BBM sekitar Rp1.404 per liter. Selanjutnya adalah Iran. Di negara Ahmadinejad ini, pasokan minyak yang melimpah cukup mempengaruhi harga minyak dunia. Per liternya, BBM di Iran dihargai sekitar Rp1.287 per liter.

Nigeria menjadi negara ketiga dengan harga minyak termurah di dunia. Meski banyak konflik kekerasan dan perang saudara, namun salah satu negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia ini menjual BBM hanya sekitar Rp1.170 per liter.

Posisi kedua adalah Negara Turkmenistan yang mampu menjual BBM hanya sekitar Rp936 per liter. Lalu negara mana yang menempati posisi pertama?

Jawabannya adalah Venezuela. Salah satu negara di Amerika Selatan yang dipimpin oleh Hugo Chavez ini, meski tidak negara terkaya, namun mampu memberi harga BBM termurah bagi rakyatnya. Rakyat Indonesia boleh gigit jari, karena harga BBM per liter di negara ini dijual hanya sekitar Rp585 saja. [ndis/musashi]
 

 

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU