Hari Ini Pertamax dan Pertamax Plus Naik Harga
SPBU Pertamina

Jakarta, Seruu.com - Harga minyak dunia terus bergolak. Pertamina pun terus menaikkan harga jual Pertamax, Bio Pertamax dan Pertamax Plus berkisar Rp350 hingga Rp400/liter.

“Hari ini, harga jual Pertamax memang naik lagi,” ungkap Wakil Ketua DPD Hiswana Migas wilayah Jakarta, Jabar dan Banten, Eko Wuryanto, Kamis (15/3/2012).

Harga Pertamax dan Bio Pertamax di wilayah Jakarta yang tadinya Rp9.200 naik menjadi Rp9.550/liter atau naik Rp350/liter. Demikian pula di wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) dari Rp9.300 menjadi Rp9.650/liter.

Kemudian harga jual Pertamax Plus di wilayah Jakarta yang semula Rp9.450 naik menjadi Rp9.850 atau naik Rp400/liter. Sedangkan di wilayah Bodetabek dari Rp9.600 menjadi Rp10.000/liter.

Dengan naiknya harga jual ini, ia memperkirakan akan berdampak penjualan BBM non subsidi. Pemilik sepeda motor yang biasanya menggunakan Pertamax kemungkinan besar beralih lagi ke Premium.

Sedangkan pemilik mobil kemungkinan akan melakukan mencampur bahan bakarnya Pertamax dengan Premium. “Hanya sedikit saja pemilik mobil yang betul-betul memakai Pertamax,” jelas Eko.

Sementara itu, General Manajer Pertamina unit Pemasaran Region III, Hasto Wibowo, menjelaskan pihaknya tidak akan melihat apakah para pemilik mobil akan mengalihkan pemakaian bahan bakar dari Pertamax ke Premium. “Kami tidak melihat dampak tersebut,” jelasnya saat dikonfirmasi.

Pihaknya hanya melihat mekanisme harga jual. Kalau harga rata-rata minyak dunia bergolak, penyesuaian harga jual Pertamax tak bisa dielakkan.

“Sebagai perseroan, kami tidak boleh rugi. Karena itu kami harus menaikkan harga jual Pertamax,” ucapnya. [ms]

KOMENTAR SERUU