Saudi Ambil Sejumlah Langkah Guna 'Mendinginkan' Pasar Minyak
Foto Ilustrasi (Getty Images/AFP)

Riyadh, Seruu.com - Arab Saudi mengambil sejumlah langkah untuk 'mendinginkan' pasar energi panas global, yakni dengan meningkatkan ekspornya ke Amerika Serikat (AS) dan kembali membuka ladang minyak tua untuk meningkatkan produksi minyak nasional. Sebagai produsen minyak terbesar di dunia, Saudi juga mencoba untuk mencegah krisis dan membantu pemulihan ekonomi global.

 

Beberapa poin di atas adalah hasil dari rapat kabinet negara kaya minyak tersebut pada Senin (19/3/2012) kemarin. Kabinet Arab Saudi menyatakan akan mengembalikan harga minyak dunia, ke level yang mereka nilai berkeadilan, yaitu 100 dolar AS per barel. Harga minyak sendiri saat ini menyentuh 126 dolar AS per barel.

"Harga minyak yang tinggi dapat mengakibatkan efek negatif pada ekonomi global," ujar pernyataan Kabinet Saudi, seperti dikutip dari CNN, Selasa (20/3/2012).

Negara kerajaan ini belum terlihat mengimpelemntasikan kebijakan itu, namun para pedagang Teluk dan pejabat Barat mengatakan, kerajaan itu meningkatkan ekspor minyaknya ke AS, setelah mempekerjakan lebih banyak kapal super-tanker pekan lalu.

Langkah Riyadh ini menyusul isu kenaikan harga energi, yang menjadi isu politik panas di pemilihan presiden AS. Kandidat Partai Republik AS, menuduh Presiden Barack Obama tidak berbuat banyak untuk menurunkan harga minyak dunia.

"Saudi sangat prihatin tentang pasar minyak dan berusaha untuk menemukan strategi untuk menurunkan harga," kata pedagang minyak senior yang berbasis di Eropa. [CNN/ir]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU