Meski Mendukung Pembangunan Smelter, ILUNI FTUI Menilai Permen ESDM 07 Harus Dikaji Ulang
Chandra Tirtawijaya (Kiri)

Jakarta, Seruu.com - Ikatan Alumni (Iluni) Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mendukung kebijakan pemerintah yang mengatur pengusaha tambang untuk membangun smelter atau pabrik peleburan di dalam negeri. Kebijakan pemerintah itu, kata Penasihat Iluni FTUI Chandra Tirtawijaya di sela silaturahmi calon ketua Iluni FTUI di Jakarta, Senin (09/4/2012), selain dapat membuka lapangan kerja baru juga akan meningkatkan nilai tambah ekspor pertambangan nasional.

Namun demikian, Chandra menambahkan, waktu pelaksanaan kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM No 7 tahun 2012 tersebut sangat memberatkan para pengusaha tambang.  "Keberadaan Permen ESDM itu baik untuk menata dunia pertambangan kita. Tetapi harus ada pula sosialisasi intensif yang dibarengi dengan penyediaan supra dan infra struktur," ujarnya.

Ditegaskannya pula bahwa melalui Permen No 7/2012 ini pemerintah bisa mengatur ekspor mineral. "Substansi Permen ini harus banyak dikaji ulang supaya bisa dilaksanakan dilapangan," ujar Chandra.

Lebih lanjut Chandra yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PAN ini menambahkan, pertambangan batu bara juga harus diatur peningkatan nilai tambahnya. "Pemasukan untuk pembagian hasil pada negara harus lebih besar lagi, DMO harus diperbesar dan suplai untuk kebutuhan PLN diutamakan," tuturnya. [ms]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU