Kuota BBM Bersubsidi Premium Jateng diprediksikan Hanya Sampai Oktober
Foto Ilustrasi

Semarang,  Seruu.com - Kuota bahan bakar minyak bersubsidi jenis premium untuk Jawa Tengah pada 2012 diperkirakan hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga bulan Oktober.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah Teguh Dwi Paryono di Semarang, Kamis (12/4/2012), mengatakan, hal tersebut merupakan dampak dari pengurangan kuota premium untuk provinsi ini pada 2012.

Menurut dia, kuota premium bersubsidi Jawa Tengah pada 2012 mencapai 2,3 juta kiloliter.

Jumlah tersebut, lanjut dia, jauh lebih rendah dibanding realisasi konsumsi premium masyarakat pada 2011 yang mencapai sekitar 2,6 juta kiloliter.

Sementara, kata dia, dari kuota yang tersedia tersebut, sekitar 30 persennya telah dikonsumsi masyarakat selama periode Januari hingga Maret.

"Melihat kondisi itu, kuota premium Jawa Tengah kemungkinan tidak dapat memenuhi konsumsi masyarakat hingga akhir tahun," katanya.

Adapun untuk BBM bersubsidi lain, yakni solar, menurut dia, tidak perlu dirisaukan keberadaannya. "Konsumsi solar untuk Jawa Tengah pada 2011 lalu masih dalam batas kuota yang ditetapkan. Pada tahun ini tidak ada masalah," tambahnya.

Ia menuturkan, untuk menghadapi kondisi tersebut, maka harus segera dilakukan upaya penghematan terhadap konsumsi premium.

Terpisah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap melaksanakan penghematan energi sebagai bagian dari kebijakan pemerintah pusat untuk penataan subsidi pada perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2012.

"Jawa Tengah siap melaksanakan keputusan pemerintah pusat tersebut," kata Gubernur Bibit Waluyo.

Saat ini, lanjut dia, pemerintah provinsi masih menunggu petunjuk dari pusat mengenai mekanisme penghematan tersebut.

Namun, menurut dia, penghematan seharusnya dimulai dengan pembatasan jumlah kendaraan bermotor.

Ia menuturkan, perusahaan otomotif jangan hanya mengejar penjualan tinggi kendaraan bermotor. [ant]

KOMENTAR SERUU