Meski Naikan Prediksi Pertumbuhan, IMF Tetap Khawatirkan Harga Minyak
Pertemuan IMF

Seruu.com- Meski International Monetary Fund (IMF) menaikkan prediksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini, namun, krisis Eropa dan tingginya minyak dunia diyakini masih akan menjadi faktor penghambat. IMF  memprediksi pertumbuhan ekonomi global sebanyak 3,5% tahun ini, kemudian berlanjut menjadi 4,1% di tahun 2013. Prediksi ini naik dari sebelumnya masing-masing 3,3% dan 4%.

"Prediksi pertumbuhan ekonomi menanjak perlahan, namun masih sangat rapuh," kata IMF laporannya yang diterbitkan dua kali tiap tahun yang dikutip AFP, Rabu (18/4).

China masih menjadi pendorong utama dengan prediksi pertumbuhan 8,2% tahun ini, dan 8,8% tahun depan. Meski ekspornya ke Eropa menurun, tapi konsumsi domestik China masih kuat. Kondisi finansial Asia serta pertumbuhannya yang masih akan tinggi tahun ini bisa sedikit menenangkan para pelaku pasar. Ditambah cepatnya pemulihan di Jepang dan Thailand setelah terkena bencana alam.

Lembaga keuangan internasional itu juga menyambut baik rencana Bank Sentral Eropa alias European Central Bank (ECB) yang berniat menyuntikkan lebih banyak dana ke sistem perbankan Eropa ditambah rencana perluasan "firewall" supaya krisis tidak menyebar.

Sementara Amerika Serikat (AS) diprediksi akan tumbuh 2,1% tahun ini dan 2.4% tahun depan, dari perkiraan sebelumnya masing-masing 1,8% dan 2,2%.  "Prioritas utama pemerintah AS adalah setuju dan berkomitmen atas kebijakan fiskal yang kredibel dan menempatkan utang dalam jalurnya untuk jangka menengah," kata IMF dalam laporannya. [ms]
 

KOMENTAR SERUU