Kekhawatiran Berkurang, Harga Minyak Kembali Naik di Bursa Asia
Ilustrasi (Istimewa)

Singapura, Seruu.com - Harga minyak naik di perdagangan Asia di tengah berkurangnya kekhawatiran seputar pelemahan ekonomi secara tajam di China, pengguna energi terbesar dunia, kata analis pasar, Selasa (24/4/2012).

Namun, ketidakpastian ekonomi dan juga politik di Eropa juga telah mendorong harga dan pelemahan euro telah membantu menekan permintaan untuk minyak mentah yang dihargakan dengan dolar.

Kontrak utama New York, minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni naik enam sen ke posisi 103,17 dolar AS per barel, sementara minyak mentah Brent North Sea juga penyerahan Juni naik 14 sen menjadi 118,85 dolar pada perdagangan pagi.

Harga minyak telah menurun pada Senin menyusul angka "purchasing managers index" (PMI) HSBC yang menunjukkan aktivitas manufaktur China mengalami kontraksi untuk bulan ke enam berturut-turut pada April.

PMI pada April 49,1 naik dari 48,3 pada Maret, menunjukkan perbaikan tetapi belum kembali ke ekspansi sebelumnya. Angka di bawah 50 mengindikasikan kontraksi, sedangkan di atas 50 menunjukkan pertumbuhan.

"Data PMI China merupakan suatu kasus apakah anda melihat pada kaca sebagai `half-full or half empty`," kata Victor Shum, prinsipal senior pada konsultan energi Purvin and Gertz di Singapura.

"Beberapa pedagang dan investor melihat ini sebagai suatu kesempatan beli. Di mana optimisme seputar ekonomi China karena PMI HSBC secara nyata menunjukkan perbaikan dalam produksi dan telah mendorong harga minyak menguat."

Ketidakpastian situasi politik dan ekonomi termasuk menjadi salah satu faktor seperti yang diungkapkan Spanyol--satu dari beberapa ekonomi yang dilanda krisis di zona euro--yang mengatakan Senin bahwa negara itu telah kembali memasuki resesi pada kuartal pertama 2012.[ant]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU