Hatta Rajasa: Hingga Akhir Tahun 2012 BBM Belum Bisa Dinaikkan
Menko perekonomian RI Hatta Rajasa (Foto: Miftahol/Seruu.com)

Bangkalan, Seruu.com – Wacana pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah pusat hingga akhir tahun 2012 tidak akan terjadi, namun hanya diperlukan pengendalian. Sebab, harga minyak mentah saat ini masih jauh di bawah harga 120,75 dollar.

“Hingga akhir tahun 2012 kita sulit untuk menaikkan harga BBM, BBM sekarang ini hanya perlu di kendalikan, sebab pasal 7 ayat 6a itu hanya bisa kalau harga minyak mentah 120, 75 dollar, sekarang masih jauh di bawah itu jadi tidak mungkin,” ujar Hatta Rajasa, Menko Perekoniman saat menghadiri resepsi pernikahan putra Bupati Bangkalan, Minggu (29/4/2012).

Pria yang juga ketua DPP PAN tersebut mengatakan, rencana pembatasan BBM hingga saat ini belum bisa di putuskan, masih harus dipekirkan dan diteliti dengan baik sehingga masyarakat bisa menerima dengan baik.

“Beberapa alternatif sedang difikirkan dan di kerjakan oleh mentri ESDM pada saat yang tepat di bulan Mei akan di sampaikan, intinya harus bisa tersosialisi dengan baik dan perlu pengendalian bukan pembatasan,” ungkapnya.

Dijelaskan Hatta, kalau tanpa mengendalian listrik dan BBM bisa membangkak 340 Triliun, namun kalau bisa dikendalikan bisa menakan angka penggunaannya 42 juta kilo liter, pengendalian tersebut akan di umumkan bulan Mei mendatang.

“Akan tetapi kami belum menyatakan seperti apa polanya karena masih banyak yang mendiskusiakan, tapi intinya yang mampu jangan pakai BBM bersubsidi, mobilnya mewah yang pilihlah BBM yang tidak bersubsidi,” kata pentolan PAN itu.

Menurut Hatta, kalau sudah tidak mungkin untuk menaikan BBM dari pada berspikulasi, kedepan harus memikirkan kalau tidak naik sampai akhir tahun APBN harus sehat pertumubuhan harus tercapai.

“Pengendalian itu yang paling penting tidak ada penyelundupan dan penyalahgunaan semisal perkebunan besar pertambagnan besar jangan makai minyak bersubsisi, caranya pemerintah daerah harus ikut mengawasi dengan membentuk tim pengendali,” pungkasnya. [mif]



 

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU