Harga Minyak di Asia Turun
Ilustrasi (Istimewa)

Singapura, Seruu.com - Harga minyak turun di Asia Senin disertai omelan para investor terhadap pertumbuhan yang gagap di AS ketika ketidakpastian politik dan ekonomi di zona euro memberatkan, kata para analis.

Kontrak utama New York, minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Juni turun 21 sen menjadi 104,72 dolar per barel sedangkan minyak mentah Brent North Sea untuk Juni turun 25 sen menjadi 119,58 dolar di perdagangan pagi, lapor AFP

Pertumbuhan ekonomi di AS melambat tajam menjadi 2,2 persen pada kuartal pertama 2012, data resmi menunjukkan Jumat (28/4/2012), menyalakan kembali kekhawatiran bahwa pemulihan yang baru lahir di negara konsumen terbesar dunia itu kehilangan uap.

Penukian pertumbuhan dari Januari hingga Maret kebanyakan diakibatkan penurunan belanja pemerintah.

Sementara, para investor terus mengomel mengenai kemungkinan krisis utang skala penuh di zona euro, dimana Bank Sentral Eropa (ECB) dipastikan akan merapat Kamis pada pertemuan kebijakan bulanan yang krusial.

Sejak pertemuan terakhir April, kekhawatiran mengenai krisis utang negara zona euro telah menguat karena segalanya nampak mengindikasikan bahwa seluruh blok beranggotakan 17 negara itu telah terpuruk kedalam resesi.

Di medan politik, penantang Sosialis Francois Hollande nampaknya akan menyingkirkan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy pada pemilu 6 Mei, sementara jajak pendapat juga membayangi Yunani yang dilanda krisis, yang secara krusial perlu memulai ulang perekonominya dengan pemotongan pajak dan amendemen rencana pemulihan EU-IMF.

"Pemilu Yunani akhir pekan ini akan menjadi peringatan terkait tantangan-tantangan yang dihadapi para politisi menghadapi para pemilih yang menginginkan langkah-langkah pengendoran penghematan yang diikatkan pada program talangan," kata Grup Riset DBS.[ant]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU