Peringati Hardiknas Mahasiswa Tuntut Nasionalisasi INCO
Aksi Masyarakat Morowali Tuntut Nasionalisasi INCO (dok Seruu)

Makassar, Seruu.com  - Aksi unjukrasa peringatan Hari pendidikan Nasional (Hardiknas) Rabu, (2/5/2012) sore, yang dilakukan puluhan mahasiswa dari Liga Nasional Mahasiswa Demokrasi (LMND), berlangsung tegang. Ketegangan terjadi antara pengunjuk rasa dengan puluhan polisi di depan kantor PT Vale Indonesia (dulu bernama PT. INCO), Jalan Penghibur, Makassar.

Ketegangan bermula saat mahasiswa yang menggelar aksi dengan membakar ban bekas didepan pintu gerbang PT. Vale. Disaat api membesar, polisi kemudian berusaha memadamkannya.

Rupanya, upaya polisi yang membawa tabung pemadam kebakaran dan beberapa ember air tersebut dihalangi oleh mahasiswa. Aksi saling dorong tak terhindarkan dan berbuntut pada ketegangan antara dua pihak.

Sementara itu, dalam orasinya, mahasiswa meminta pemerintah untuk menasionalisasikan seluruh perusahaan asing. Hal itu penting agar keuntungan dari  perusahaan-perusahaan digunakan untuk membiayai pendidikan bagi rakyat miskin.

Mahasiswa menilai, perusahaan asing selama ini hanya menguras kekayaan alam di Indonesia tanpa mensejahterakan rakyat. "Keuntungan itu dikirim ke negara-negara perusahaan asing. Itu sama saja mencuri hak-hak kita," kata David, salah seorang pengunjukrasa.

Selain itu, mahasiswa juga meminta pemerintah konsisten melaksanakan pasal 33 UUD 1945. Mahasiswa juga menolak pengesahan RUU Perguruan Tinggi, serta modernisasi infrastruktur pendidikan dengan kurikulum yang lebih demokratis, humanis dan produktif.

Aksi mahasiswa yang dikawal puluhan personil polisi ini terbilang unik, sebab menulis tuntutan ditubuh mereka. Usai melakukan orasi, mahasiswa kemudian membubarkan diri dengan tertib. [hsb]


 

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU