SeruuMart - Digital Marketplaces
Kamis, 19 Januari 2017
 
Kenaikan TDL Ditunda Hingga 2013
Ilustrasi

Jakarta, Seruu.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyatakan bahwa kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) tidak diberlakukan tahun ini dan ditunda hingga awal 2013. "Kami bisa merasakan getaran rakyat. Jadi, kalau bisa kami tunda, akan kami tunda dulu. Kemungkinan awal tahun depan baru bisa dilaksanakan," kata Jero sebelum menghadiri rapat kerja dengan Komisi VII di Gedung DPR di Jakarta, Kamis (15/3/2012).

Menurut dia, penundaan rencana kenaikan TDL tersebut mengacu pada perkembangan situasi gejolak masyarakat terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada April 2012. "Kalau masyarakat bisa menerima kenaikan harga BBM, barulah pemerintah akan kembali menentukan rencana kenikan TDL," katanya.

Menteri menambahkan akan adanya kemungkinan TDL tidak jadi naik, sehingga subsidi listrik bisa meningkat sebesar Rp4,6 triliun.  "Subsidi listrik bertambah karena porsi penggunaan BBM masih cukup besar dalam memproduksi listrik," katanya.

Pemerintah sebelumnya merencanakan untuk menaikkan TDL sebesar 10 persen secara bertahap setiap tiga bulan pada 2012. Kenaikan TDL tersebut rencananya akan mulai dilaksanakan pada Mei tahun ini.

Jero memastikan meskipun kenaikan TDL ditunda hingga tahun depan, kenaikan TDL tetap akan berkisar antara 10 persen dan skema kenaikan sebesar tiga persen per tiga bulan juga masih akan berubah.
[ant/ms]

KOMENTAR SERUU