Perusahaan Hyundai Akan Bangun Pengilangan Minyak Mentah di Banyuwangi
Pengilangan Minyak Mentah

Banyuwangi, Seruu.Com - Kelompok perusahaan Hyundai dari Korea Selatan ingin membangun pengilangan minyak mentah ("refinery") di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur dan dalam waktu dekat mereka akan mengirimkan lima puluh tenaga ahlinya.

"Mereka telah menyatakan niat awalnya dan dalam waktu dekat akan melakukan studi kelayakan di sini," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, kepada wartawan di Banyuwangi, Minggu (6/5/2012) malam.

Abdullah Azwar Anas mempersilakan para tenaga ahli Hyundai dari Korea Selatan itu akan datang pada akhir bulan Mei 2012.

Anas yang sebelum dilantik sebagai Bupati Banyuwangi pada Oktober 2010 adalah anggota DPR/MPR dan kini kembali ke daerahnya untuk membangun di berbagai bidang.

Ia menyatakan pula ada pengusaha dari Singapura yang sudah menyatakan keinginannya untuk membangun perakitan mobil.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Jakarta sudah memberikan izinnya.

Sementara itu, ada pengusaha Amerika Serikat yang sudah menyatakan niatnya membangun pabrik manik-manik yang akan menjadi cendera mata untuk diekspor ke AS.

Anas menyatakan pula TNI Angkatan Laut memiliki pabrik untuk membuat kapal-kapal patroli.

Bupati Banyuwangi ini mengaku bahwa pada masa lalu kabupaten ini hanya dikenal sebagai daerah untuk menuju Pulau Bali.

Namun, dengan menyediakan berbagai fasilitas dan kemudahan maka diharapkan akan berdiri banyak pabrik.

Pembangunan pabrik-pabrik itu tentu akan memiliki berbagai dampak positif seperti menyerap tenaga kerja masyarakat setempat serta meningkatkan perekonomian rakyat

Untuk membangun pabrik-pabrik di sana maka Anas telah menyiapkan ratusan Hektare lahan untuk dijadikan kawasan industri.

Sementara itu PT PLN (Persero) telah diminta untuk menyiapkan listrik yang tidak terbatas jumlahnya bagi sektor industri.

Selain itu, pemda juga sudah membangun sebuah bandar udara yang nantinya bisa didarati pesawat-pesawat udara berbadan lebar seperti jenis Boeing. [ant]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU