Terkait Permen ESDM 07, KADIN Soroti Proses Verifikasi Pengusaha Layak Ekspor
Logo KADIN Indonesia

Jakarta, Seruu.com - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik Natsir Mansyur
mengatakan bahwa terkait dengan rencana implementasi Peraturan Menteri ESDM 07/2012, pihaknya menyoroti proses verifikasi perusahaan layak ekspor seperti yang dipersyaratkan oleh Kementrian ESDM.

“Kami ingatkan proses verifikasi tersebut harus segera dilaksanakan. Namun apabila masih ada kekurangan data-data maka dapat diberikan tenggang waktu 3-4 bulan untuk melengkapi datanya, namun tidak menunggu data lengkap sudah dapat melakukan ekspor yang penting ada jaminan supaya ekspor tetap jalan dan mengurangi stagnasi ekspor dilapangan,” ujar Natsir, Senin (07/5/2012).

Natsir juga menuturkan, mengingat pemegang IUP yang sedang proses clean and clear diperkirakan mencapai 10.000an perusahaan sehingga proses verifikasi membutuhkan waktu lama, maka pihaknya mengusulkan  agar dapat mengutamakan perusahaan yang sudah ekspor selama ini karena terikat kontrak jual jangka panjang.

Sementara Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri, Riset dan Teknologi Bambang Sujagad mengatakan, kadin siap membantu anggotanya menyiapkan tenaga ahli mulai proses clear and clear sampai pada penyiapan business plant untuk membangun smelter.

“Kadin memandang bahwa membangun smelter ini bisa mengangkat harkat dan martabat bangsa, yang tadinya Indonesia hanya mengekspor bahan mentah, maka Indonesia akan mampu mengekspor barang jadi hasil manufaktur untuk mensupply dunia. Oleh karena itu, pembangunan smelter-smelter ini sangat penting untuk Indonesia,” pungkas Bambang.

Secara teknis dan spesifikasi jenis barang yang akan dihasilkan pada pembangunan smelter ini maka dalam waktu dekat Kadin akan membicarakan lebih lanjut dengan Kementerian ESDM dan Kementerian Perindustrian, misalnya Industri pengolahan/pemurnian dilaksanakan secara bertahap tidak langsung mensyaratkan 99 persen produk jadi. [ms]
 

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU