Dewi Aryani:  Mineral Diatur Kok Batubara Nggak?
Dewi Aryani saat memberikan keterangan kepada wartawan di Hotel Kempinski (Foto: Saifullah Halim/Seruu.com)
Pemerintah tidak boleh secara sengaja melakukan inkonsistensi, dalam UU Minerba kan sudah jelas pengaturannya - Dewi

Jakarta, Seruu.com - Tak hanya mengkritisasi pemerintah terkait Permen 07 tahun 2012 yang terkesan mendadak dalam penerbitannya, dan dianggap sebagai amanah dari UU Minerba no 4 Tahun 2009. Anggota Komisi VII dari Fraksi PDI Perjuangan, Dewi Aryani juga memberi masukan pada  pemerintah. Menurutnya pemerintah harus mereview kembali permen 07.

"Pemerintah tidak boleh secara sengaja melakukan inkonsistensi, dalam UU Minerba kan sudah jelas pengaturannya," ucap Dewi  saat dijumpai di di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (8/5/2012).

Sebelum mengimplementasikan Permen ini, lanjut Dewi,  pemerintah harusnya membentuk satgas untuk menggodok permen ini 6 bulan dari sekarang.

"Dalam proses ini juga harus libatkan 4 pemangku kepentingan dong. Juga ada pembahasan detail sampai juknis (Petunjuk Teknis) atau guiden teknis lintas sektoral, mulai dari  perdagangan, bea cukai, juga kementerian lain," tambah Dewi.

Walaupun tetap berikan ijin ekspor, hematnya menurut Dewi tetap harus dibatasi dengan kuota tertentu.

"Harus ada Term of Payment. Kok malah pemerintah seolah-olah nggak ngerti tentang bisnis pertambangan. Lakukan review substansi dalam energi. Saya ingin hari ini jadi pencanangan sektor energi, dan harus dibenahi mulai sekarang,"  tutur Dewi.

Ada satu hal yang jadi pertanyaan besar dalam Permen 07 yang mengatur tentang mineral ini menurut Dewi yaitu tidak adanya peraturan tentang batubara.

"Batubara itu kan termasuk energi alternatif kenapa ini nggak ada aturannya, malah nggak dieman-eman. Alasannya Jero Wacik takut berlakukan bea cukai tinggi. Ada apa ini kok malah nggak diotak-atik," pungkas Dewi.

Sementara itu, saat konferensi Pers di ESDM (4/5/12) Jero Wacik menyatakan batubara akan diatur juga nantinya.

"Wah kalau untuk batubara nantilah kita bikin aturannya sendiri, yang pasti ini dulu dijalankan," kata Jero. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU