Dirjen Minerba Minta Kemendag Keluarkan Larangan Ekspor Timah
Dirjen Minerba Kementrian ESDM, Thamrin Sihite (foto Cesare/seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Pemerintah perlu mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) untuk memaksa semua pengusaha timah di Indonesia menjual produknya melalui pasar timah Indonesia (PTI) agar pasar tersebut dapat dikelola dengan baik.

Pasalnya, selain bisa meningkatkan daya saing produk timah Indonesia, juga untuk menyelamatkan lingkungan akibat kegiatan illegal mining, kata Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Thamrin Sihite, di Jakarta, Kamis.

Thamrin Sihite mengatakan, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) mendukung adanya aturan yang bisa mendorong pasar timah dalam negeri lebih meningkat. Semua prasyarat harus dipenuhi agar PTI nantinya mampu bersaing dengan pasar komoditas timah yang sudah ada.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri ESDM bidang Mineral Batubara, Thabrani Alwi menuturkan, regulasi terkait pasar timah Indonesia perlu didorong melalui Kementerian perdagangan, karena hal itu menjadi domain mereka.

Aturan tersebut bisa saja berupa Peraturan Menteri (Permen) Perdagangan, yang mewajibkan semua produsen timah domestik menjual produknya melalui pasar timah Indonesia, jelasnya.

Thabrani juga meyakini PTI bisa mendorong penciptaan lapangan kerja baru, disamping meningkatkan pendapatan negara. Sebab, produk yang dipasarkan sudah memiliki nilai tambah,tegasnya.

Langkah pembentukan pasar timah indonesia sudah sesuai dengan peraturan menteri ESDM No.7 yang melarang perusahaan pertambangan mengekspor produknya dalam bentuk bahan mentah, tambahnya.

Adanya regulasi seperti Permendag untuk memaksa seluruh pengusaha timah domestik menjual produknya melalui pasar timah Indonesia sudah semakin mendesak. [ant/ms]

KOMENTAR SERUU