Dewi Aryani, Terkait Permendag Ekspor Timah Menteri ESDM Harus Beri Teguran Pada Dirjen Minerba
Dewi Aryani (Foto: Ipul/ Seruu.Com)

Jakarta, Seruu.com - Anggota Komisi VII Dewi Aryani, menanggapi statemen Dirjen Minerba Thamrin Sihite Kamis (10/5/2012) lalu, yang mengharuskan Kemendag terbitkan Permendag Pelarangan Ekspor Timah. Menurut Thamrin Permendag ini selain bisa meningkatkan daya saing produk timah Indonesia, juga untuk menyelamatkan lingkungan akibat kegiatan illegal mining.

Dewi berpendapat, semua kebijakan instan yg dikeluarkan pemerintah ESDM menandakan bahwa pemerintah tidak ada goodwill membenahi sektor energi, dalam hal ini pertambangan secara serius dan win-win untuk semua stake holder.

"Tidak bisa suatu kebijakan menindih kebijakan lainnya tanpa kajian komprehensif yg terukur semua aspek benefit dan akibat-akibat dari kebijakan untuk semua pemangku kepentingan sektor tersebut," tegasnya saat dikonfirmasi Seruu.com (12/5/2012).

Menurut Dewi, ditengah proses perevisian Permen ESDM no 7 tahun 2012 oleh Menkeu harusnya Menteri ESDM melakukan review mendalam.

"Menteri juga harus beri teguran keras pada Dirjen Minerba untuk tidak mengeluarkan peraturan baru terkait ekspor timah, sebelum urusan Permen 07 beres dan lengkap dengan juknisnya," lanjut Dewi.

Keterlambatan juknis ini menurut Dewi mengakibatkan porak porandanya tatanan pertambangan tanpa solusi yg tepat. Karena peraturan tanpa kajian dan lahir instan membuat semua menjadi hancur tidak jelas arahnya kemana.

Bahkan disini pemerintah tak hanya tampak tidak sabar tapi juga mencerminkan ada agenda lain dibalik ini. Disamping itu pemerintah harus mampu menjelaskan mengapa peraturan lahir tanpa persiapan juknis dll yg proporsional dan sesuai dengn action plan yg ditetapkan sendiri.

Dewi juga menilai pemerintah selama ini tidak bijak dalam mengambil mengatur tentang kebijakan.

"Jadi jelas memang pemerintah kehilangan arah soal pertambangan nasional akan dikemanakan"

Untuk mengingat kembali, Kamis lalu Thamrin Sihite mengatakan, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) mendukung adanya aturan yang bisa mendorong pasar timah dalam negeri lebih meningkat agar PTI nantinya mampu bersaing dengan pasar komoditas timah yang sudah ada. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU