Pertamina Berjanji Akan Lakukan Upaya Kurangi Impor BBM dan Minyak Mentah
Dirut Pertamina, Karen Agustiawan

Jakarta, Seruu.com – kebutuhan BBM nasional terus meningkat, hal inilah yang mendasari  Pertamina untuk mengutamakan penyerapan minyak mentah domestik untuk memenuhi kebutuhan kilang. Sedangkan untuk meningkatkan ketahanan pasokan energi nasional dan mendukung optimalisasi kinerja Petral, PT Pertamina (Persero) memprioritaskan impor BBM dan minyak mentah dari berbagai sumber, khususnya National Oil Company (NOC). Hal ini disampaikan Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan di Jakarta (15/5/2012).

“Sistem pengadaan minyak mentah dan BBM yang dilakukan selama ini telah berjalan dengan baik dan dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG),” kata Karen.

Pertamina berjanji akan melakukan perbaikan secara berkesinambungan pada proses pemenuhan kebutuhan BBM nasional. Dan berupaya untuk bisa melakukan impor langsung dari NOC, produsen minyak, dan pemilik kilang.

“Untuk itu, mulai kuartal ketiga 2012 kami akan melakukan langkah-langkah untuk merealisasikan rencana tersebut. Hak ini harus dilakukan secara hati-hati untuk memastikan langkah tersebut tidak menimbulkan risiko", tambah Karen.

Resiko-resiko ini, lanjutnya  seperti kegagalan pasokan impor yang akan berakibat pada terjadinya krisis energi di dalam negeri. Pertamina-pun menyambut baik rencana pemerintah untuk menjembatani upaya tersebut karena kontrak langsung biasanya didahului dengan pembicaraan secara government to government (G to G).

"Kami memiliki pandangan yang sama untuk secara bertahap dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor BBM dan minyak mentah. Oleh karena itu, Pertamina bertekad untuk merealisasikan proyek dua kilang terintegrasi dan ekspansi wilayah kerja eksplorasi dan produksi untuk meningkatkan cadangan minyak nasional", tutup Karen. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU