Pemerintah Tandatangani Aturan Bea Keluar 65 Komoditi Mineral
Menteri Keuangan, Agus Martowardojo

Jakarta, Seruu.com - Pemerintah melalui Menteri Keuangan akhirnya resmi memberlakukan pengenaan Bea Keluar terhadap 65 produk mineral melalui peraturan Menteri Keuangan. Menteri Keuangan Agus Martowardojo, menyatakan bahwa penambahan jenis komoditi dari semula 14 menjadi 65 terpaksa dilakukan oleh kementrian karena adanya kesamaan bentuk ore yang merupakan biji-bijian bahan mentah.


"Dan itu kalau dalam bentuk yang ore itu bentuknya kurang lebih sama seperti tanah. Jadi kita tidak ingin ada salah membaca atau salah mengintepretasi ore itu. Jadi semua yang masuk kategori ore yang 65 (jenis) itu yang kena bea keluar," ujarnya, Rabu (16/5/2012).


Menurut Agus sebanyak 65 komoditi itu terdiri dari 21 mineral logam, 10 mineral bukan logam dan 34 batuan. Adapun rata-rata bea keluar yang dikenakan kepada 65 mineral tersebut sebesar 20 persen.  "Jadi semua kena bea keluar rata-rata 20 persen. Saya lupa mana yang terendah dan yang tinggi. Pastinya rata rata 20 persen," sebutnya.


Penetapan bea keluar sendiri akan diberlakukan mulai hari ini, Rabu (15/5). "Berlaku mulai sekarang karena akan diundangkan sekarang," pungkas Menteri Agus. 
[musashi]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU