Harga Emas Kembali Melemah
Emas (Istimewa)

Singapura, Seruu.com - Harga emas terpantau menurun pada perdagangan Jumat (18/5/2012) hari ini. Padahal, harga logam mulia ini sempat mengukir harga tertinggi selama tiga bulan terakhir di sesi sebelumnya.

Melansir Reuters, Jumat (18/5/2012), harga emas kembali jatuh untuk ketiga kalinya pada pekan ini di tengah kekhawatiran yang meningkat atas krisis utang di zona Eropa.

Harga emas tercatat USD1.574,29 per ounce. Sementara harga emas untuk pengiriman Juni nyaris tidak bergerak di USD1.574,30 per ounce. Emas sempat mencetak rekor harga tertingginya pada September 2011 lalu dengan menyentuh USD1.920 per ounce.

Pada Kamis lalu, harga emas sempat tercatat naik dua persen, yang artinya mengalami penguatan terbesar sejak Januari tahun ini. Hal itu didukung oleh menurunnya aktivitas pabrik di Amerika Serikat (AS) dengan harapan merangsang pertumbuhan perekonomian.

Perdana Menteri Inggris David Cameron,  Kamis kemarin mendesak penguasa Eropa,  untuk berbuat lebih banyak untuk mengatasi krisis utang zona euro dan
mengangkat prospek default Yunani.

Sekedar diketahui, bank-bank di Spanyol mengalami penurunan peringkat. Setidaknya terdapat 16 bank yang diturunkan peringkatnya satu hingga tingkat.  [reu/ir]

KOMENTAR SERUU