Dahlan : Petral Bisa Berubah Fungsi Nggak Perlu Dibubarkan!
Meneg BUMN Dahlan Iskan

Jakarta, Seruu.com - Polemik pengadaan minyak yang bermula Menteri BUMN Dahlan Iskan yang melontarkan rencana pembubaran Pertamina Energy Trading Limited (Petral), hingga kini terus bergulir. Dahlan mengaku bosan karena banyak laporan yang menyebut Petral menjadi sarang mafia pengadaan minyak.

Saat dikonfirmasi seusai acara di Cikini, Selasa (22/5/2012) Dahlan Iskan menyampaikan bahwa Petral tidak perlu dibubarkan. 

"Nanti kan fungsinya bisa berubah, misalnya nanti Pertamina sudah membeli BBM langsung dari kilang dan sudah membeli minyak mentah dari pemilik sumur minyak. Nah Petral kan sudah tidak melakukan lagi trading untuk Pertamina. Tapi bisa  saja Petral tetap hidup", ujar Dahlan.

Perubahan fungsi ini menurut Dahlan   misalnya membeli minyak dari Kuwait di jual ke Thailand,  membeli minyak dari Bahrain di jual ke Philiphine. Yang berarti tidak menjual lagi ke Pertamina.

"Jadi pedagang tetapi pedagang profesional. Tidak ada urusan lagi dengan Pertamina, ini berbeda nggak sama", tambah Dahlan.

Dahlan berpendapat bila Pertamina sudah membeli BBM dari perusahaan kilang ini berarti tidak melalui Petral lagi tapi katakanlah langsung dari pemilik ladang minyak.

"Katakanlah pemilik ladang minyak. Kan sudah gak lewat Petral. Apakah petral harus bubar? kan dia bisa melakukan bisnis sendiri. Apa salahnya. Dimana salahnya? kan gak ada salahnya?', ucapnya lagi.

Saat ini, lanjut Dahlan pemerintah tengah menegosiasikan agar pembelian ini tidak melalui Petral lagi.

" Negosiasi kan lama. Mencari, mencatat pemilik kilang kan juga lama. Kasih waktu lah pokoknya", tandasnya.[Ain].

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU