PHK Ribuan Buruh Tambang Akan Dibawa ke Konferensi Internasional
Ratna Sarumpaet (Foto: Ain/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Perwakilan 4 juta pekerja Tambang yang telah dan akan di PHK karena dampak Permen ESDM 07/2012 bersama budayawan dan aktivis HAM Ratna Sarumpaet bertemu dengan Perwakilan ILO (International Labour Organization), sebuah lembaga di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meminta agar ILO bersedia jadi mediasi dan memaksa Pemerintah Suslo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk bertanggung jawab penuh terhadap hak-hak 4 juta pekerja tambang yang di PHK karena permen 7 yang diterbitkan oleh ESDM.

Meski sejauh ini pertemuan tersebut masih membicarakan dampak implementasi Permen 7, namun SPARTAN yakin ILO akan membawa masalah yang menjadi inikasi pelanggaran HAM bagi buruh tambang ini ke konferensi Internasional. Hal ini disampaikan Presidium   (Solidaritas Pekerja Tambang) SPARTAN  Kuswandi, seusai bertemu dengan ILO di Menara Thamrin, Jakarta, Senin (28/5/2012).

"Kita bertemu ILO hanya membicarakan sejauh mana dampak pelaksanaan permen 7, ILO akan pelajari soal pernyataan kami, dan bila perlu ini akan dibawa ke konferensi di Genewa, Swiss" tegas Kuswandi kepada media.

Aktivis HAM Ratna Sarumpaet memberikan pernyataan yang serupa, menurut Ratna memang dari standard aturan ILO tidak bisa langsung menolong, namun mereka merasa sangat aneh dengan adanya peraturan yang merampas hak bekerja atau aturan negara yang  membuat tragedi PHK rakyatnya sendiri.

"Ini baru banget terjadi di sebuah negara ada peraturan yang menindas rakyatnya sendiri, itu yang membuat ILO heran. Makanya Juni nanti ada konferensi Labour di Genewa, dan ini dibawa kesana agar tahu kalau ada negara yang membuat rakyatnya sendiri jadi pengangguran. Ada juga pemerintahan yang semena-mena dan tanpa sadar merenggut hak hidup dan hak kerja rakyatnya sendiri," ucap Ratna Sarumpaet kepada Seruu.com.

ILO berpendapat selama ini memang belum pernah ada negara yang melakukan ini, karena tugas negara kan melindungi rakyatnya ketika sebaliknya terjadi Ratna berharap ini akan dibawa ke konferensi Internasional. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU