Jalur Diblokir, Dirjen Minerba Minta Jaminan Pengusaha Batubara Kalsel
Dirjen Minerba Kementrian ESDM, Thamrin Sihite (foto Cesare/seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin para pengusaha batubara tidak akan menghentikan pengiriman produknya dari Kalimantan ke pulau Jawa. Kepastian itu membuat pasokan batubara untuk PLTU milik PLN di pulau Jawa tidak terganggu.

Seperti diketahui, masyarakat di Kalimantan Selatan memblokade Sungai Barito yang selama ini menjadi jalur pengangkutan batubara dari perusahaan pertambangan. Aksi itu sebagai bentuk protes terhadap kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di kawasan mereka.

"Sudah ada pembahasan dengan pengusaha, kami sudah minta semua pengusaha tidak ada blokade itu lagi. Hasilnya koordinasi saja. Pokoknya, tidak ada blokade," kata Dirjen Mineral dan Batubara, Thamrin Sihite di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (29/5/2012).

Sementara itu, PT PLN (Persero) memastikan stok batubara PLN untuk pembangkit listrik di Jawa-Bali dalam kondisi aman meski ada ancaman pemblokadean pengiriman batubara dari Kalimantan ke pulau Jawa. "Untuk pengamanan pasokan PLTU, PLN ada buffer stock selama 20-30 hari," kata Direktur Operasional Jawa-Bali, Ngurah Adnyana.

Ia menjelaskan, seluruh pembangkit listrik di pulau Jawa selama ini menggunakan 62 persen sumber energi dari batubara. Pasokan batubara untuk pembangkit listrik di Jawa ini seluruhnya berasal dari Kalimantan. PLN juga mendatangkan batubara yang berasal dari pulau Sumatera.

Adnyana menjelaskan, jika boikot pengiriman batubara hanya berlangsung 2-3 hari mendatang, hal itu tidak akan berpengaruh terhadap PLTU di Jawa. Namun jika berkepanjangan, PLN mengkhawatirkan PLTU akan kekurangan pasokan. "Tapi kami yakin boikotnya tidak akan lama-lama karena masalahnya bukan pada batubara," tuturnya. [ms]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU