Harga Minyak di Perdagangan Asia Naik
Ilustrasi (Istimewa)

Singapura, Seruu.com - Harga minyak naik di perdagangan Asia, Rabu, setelah para pemimpin Eropa dari Kelompok Tujuh (G7) berjanji untuk merespon "secara cepat" krisis utang benua tersebut.

Penurunan cadangan minyak mentah AS juga memberikan dukungan terhadap harga, kata analis yang dikutip AFP.

Kontrak utama New York, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, naik 63 sen menjadi 84,92 dolar AS per barel, sementara minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Juli, naik 37 sen menjadi 99,21 dolar AS pada sore hari.

"Ada beberapa koreksi pada harga minyak setelah pembicaraan G7, karena beberapa penundaan kesuraman atas krisis utang zona euro, dan juga penurunan stok minyak AS telah mengangkat pasar," kata Justin Harper, ahli strategi pasar di IG Markets Singapura.

Para menteri keuangan Eropa dari negara-negara Kelompok Tujuh telah berjanji setelah pembicaraan darurat pada Selasa untuk merespon dengan cepat mengatasi krisis fiskal benua tersebut, menteri keuangan Jepang mengatakan.

"Kami dapat membagi pengakuan kami tentang masalah Eropa," kata Jun Azumi seperti dikutip oleh Jiji Press setelah konferensi jarak jauh dengan mitranya di G7. "Sisi Eropa menyatakan bahwa mereka akan menanggapinya dengan cepat."

Kekhawatiran atas krisis utang zona euro bersama dengan ekonomi AS yang lemah telah memberikan kesuraman pada harga minyak dalam beberapa bulan terakhir, karena investor khawatir permintaan akhirnya akan berkurang.

Sementara itu, penurunan stok minyak mentah AS telah memberikan kelonggaran sesaat bagi investor yang masih mencemaskan tentang permintaan di negara konsumen minyak terbesar di dunia itu.

Data dari American Petroleum Institute (API), sebuah badan industri, menunjukkan stok minyak mentah nasional turun 1,8 juta barel dalam seminggu terakhir.

Angka-angka API biasanya dirilis menjelang laporan mingguan departemen energi AS pada Rabu, tentang stok minyak mentah dan persediaan produk terkait minyak lainnya.[ant/ast]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU