Bambang Sujagad, Minggu Depan Tanda Tangan MoU Apply Online Dengan ESDM!
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia Bidang Riset dan Teknologi, Bambang Sujagad (Tengah) (Foto : Aini/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Sistem apply online syarat pengajuan menjadi eksportir terdaftar agar bisa mengekspor mineral mentah kembali hingga 2014 tanpa melalui banyak kementrian dan hanya lewat apply online yang dibuat Kadin dan disetujui ESDM sempat mendapat tanggapan dari Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik, Natsir Mansyur bahwa ini tidak berjalan.

"Nggak ada nggak jalan itu, denger sendiri kan tadi bagaimana keluhan pengusaha. Ini salah satu permen yang dicampuri urusannya," kata Natsir pada Senin (11/6/201212).

Tanggapan Natsir di atas, dibantah tegas oleh Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia Bidang Riset dan Teknologi, Bambang Sujagad. Ia dengan tegas menyatakan bahwa sistem ini tetap berjalan namun sedang dalam penyempurnaan untuk sistem Clear and Clean (C & C).

"Apply online bukan tidak berjalan, tapi khusus untuk program C & C-nya dalam tahap penyempurnaan", kata Bambang saat ditemui di kantor Kementrian Perindustrian, Rabu (13/6/12).

Disinggung mengenai mundurnya apply online ini, Bambang mengatakan bahwa dipastikan apply online akan diresmikan minggu depan dengan penandatanganan MoU bersama ESDM.

"Minggu depan kita akan tanda tangan MOU antara dirjen ESDM. bukan telat tapi memang belum ada", jawabnya singkat.

Bambang juga menjawab mengapa Kadin yang terpilihnya Kadin sebagai perancang sistem apply online ini bersama ESDM. Kadin dibuat oleh UU No 1 th 1987, sedangkan Apindo dan Gapenski bukan UU. Kadin mempunyai fungsinya sebagai konsultn antara pemerintah dan pengusaha dalam bidang industri, dagang dan services.

Apply online dijanjikan akan memberi kemudahan dengan bisa mengirimkan semua berkas via online yang kini tengah disiapkan, tak hanya itu pernyataan C&C perusahaan tambang-pun bisa di apply melalui KADIN dengan online teknologi. Dan tak hanya pernyataan C&C yang bisa di apply melalui KADIN tapi juga beberapa syarat seperti rencana proposal bisnis, pakta integritas, juga proposal pembangunan smelter di tahun 2014 sehingga pengusaha tambang bisa mendapatkan rekomendasi ekspor atau Ekspor Terbatas (ET) dari ESDM dan menjadi eksportir terdaftar dari KEMENDAG.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU