APCNGI Siap Giring Divesifikasi Gas bersama Pemerintah
Ketua APCNGI Dani Praditya (Foto; Ain/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Asosiasi Pengusaha CNG Indonesi (APCNGI) yang telah berdiri 4 tahun ini menyatakan komitmen dalam mendukung program konversi Bahan bakar Gas sebagai upaya diversifikasi energy, khususnya di sektor transportasi dengan melakukan investasi baik dalam hal infrastruktur utama maupun penunjang guna percepatan penyediaan infrastruktur SPBG. Hal ini disampaikan Ketua APCNGI Dani Praditya kepada Seruu.com, Jumat (15/6/2012).

"Dalam Rakernas 31 Mei kemarin kami meminta pemerintah untuk melibatkan pihak swasta yang sudah lebih dahulu merintis industry CNG, tanpa adanya insentif pemerintah baik dalam percepatan penyediaan infrastruktur BBG maupun dalam menyusun ataupun memformulasikan kebijakan yang terkait, seperti halnya alokasi dan harga beli maupun jual gas di hulu dan hilir," jelas Dani saat ditemui di Jakarta (15/6/2012).

Tak hanya sekedar menjadi pendukung adanya diversifikasi, APCNGI juga mengusulkan penerapan harga gas yang sama di semua titik SPBG untuk kepentingan transportasi juga pemberian pola insentif bagi kendaraan berbahan bakar gas (end user), termasuk pembebasan PPN, PPN BM ,BBN, dan PKB.

Dani menambahkan pihaknya akan mengusulkan pemberian pola insentif bagi swasta yang berinvestasi di infrastruktur SPBG untuk adanya pembebasan PPN dan bea masuk atas bahan bakar gas dan peralatan utama dan penunjang BBG, dan bentuk insentif fiskal lainnya.

"Kami berharap pemerintah untuk mengoptimalkan infrastruktur SPBG dan transporter yang sudah ada dalam percepatan program BBG dan segera mengkonversi kendaraan operasional pemerintah dan mungkin menerapkan pola monitoring terhadap kendaraan berbahan bakar gas," jelasnya.

Di ujung wawancara ketua asosiasi ini mengiumbau agar sosialisasi BBG dilakukan secara intensif kepada khalayak umum sebagai bahan bakar yang murah, aman, efisien dan ramah lingkungan. Menurutnya pemerintah juga sudah harus mewajibkan industry otomotif (ATPM) untuk memproduksi varian kendaraan berbahan bakar gas berikut layanan purna jual nya.

"Sebisa mungkin BUMN terkait untuk dapat bekerja sama dan bersinergi dengan pihak swasta dalam program BBG nasional," tutup Dani.[Ain]

 

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU