Okky Asokawati:  Hingga Saat Ini Komisi VII Belum Merespon Surat Dari Komisi IX Terkait Audiensi Spartan
Okky Asokawati (Foto: Nurul Aini/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Sudah genap 4 minggu janji Komisi VII DPR RI mengagendakan pemanggilan terhadap KESDM terkait klarifikasi, implementasi hingga implikasi Permen ESDM no 7 th 2012 yang kini sudah direvisi dalam bentuk Permen ESDM no 11 th 2012 belum juga terealisasi hingga kini. Justru audiensi Spartan sebagai korban dari berlakunya permen ini yang mendapat tanggapan langsung dari Komisi IX, bahkan Ketua Komisi IX Ribka Tjiptaning menuturkan pihaknya telah  melayangkan surat kepada Komisi VII agar permen ini segera dicabut mengingat dampaknya terhadap PHK jutaan buruh tambang.

Namun dengan tidak dipanggilnya KESDM hingga hari ini, Komisi IX mengaku tidak bisa berbuat apa-apa lagi hingga menunggu keputusan dari Komisi VII sebagai mitra dari KESDM seperti yang disampaikan anggota Komisi IX, Okky Asokawati dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kepada Seruu.com ketika ditemui di ruangannya Rabu (20/6/2012).

"Memang ketika kami melakukan RDPU mereka menggugat Permen 7 itu sendiri yang kaitannya dengan ESDM,  which is itu kewenangan Komisi VII, dan karena Permen itu bukan dari mitra Komisi IX maka kami tidak bisa melakukan banyak hal untuk mengklarifikasi, membantu, atau menyelesaikan masalah hubungan industrial antara Spartan dan pengusahanya,"jelasnya kepada Seruu.com.

Okky berpendapat, saat ini Komisi IX hanya bisa menyoroti pemutusan  hubungan kerja atau PHK-nya sendiri, namun jika memang PHK itu terjadi dan  murni diakibatkan Permen 7 yang bisa pihaknya lakukan adalah melakukan koordinasi atau meminta pada Komisi VII yang bermitra dengan ESDM agar segera menindaklanjuti Permen tersebut.

"Bila Komisi VII belum melakukan tindakan apa-apa, kami juga tidak bisa melakukan apa-apa. Karena di DPR sendiri untuk memanggil mitra kerja dari sebuah komisi itu harus meminta ijin dari Komisi yang bersangkutan. Kita nggak bisa apa-apa kalau Komisi VII nggak melakukan move-movenya kan?" tambah Okky.

Okky tidak memungkiri antara Komisi IX dan Komisi VII satu memang butuh komunikasi yang lebih intens, untuk menyelesaikan suatu perkara. Sayangnya dalam kasus Permen ESDM ini pihaknya hanya bisa memberikan surat ataupun laporan tentang apa yang sudah didapatkan dari Spartan. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU