Syahrir Paparkan Rincian Tax dan Non Tax Untuk Tuntut Keadilan Agar KK Tidak Dikenai BK 20%
Rincian Tax dan Non Tax (Foto: Ain/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Setelah kemarin APEMINDO menunjukkan perbandingan pajak dan royalti yang harus dibayar oleh IUP dan KK, Rabu (20/6/201212) kemarin,  Executive Director Indonesian Mining Assosiation (IMA), Syahrir AB mengklaim meskipun dari segi royalti KK lebih rendah dari IUP namun KK jauh lebih banyak tax yang harus dibayarkan. Dengan alasan tersebut Syahrir menolak dengan tegas bila BK 20% dikenakan juga terhadap KK.

"Kami melakukan praktik pertambangan yang bagus, kami menjaga lingkungan, peduli terhadap warga sekitar, membayar pajak dan nopn pajak, kami harus membayar 26 macam mulai pajak dan non pajak. Anda tahu berapa gross avenue yang harus kami bayar, lebih dari 30%, kami membayarnya belum lagi dari pajak dan kami juga memberikan kontribusi dengan CSR," jelasnya saat ditemui Seruu.com.

Syahrir melanjutkan, tak hanya pajak, PNBP non pajak ini yang dibayar oleh KK kepada pemerintah dan itu semua akan dimasukkan dalam APBN yang kemudian diretribusikan kedalam APBD. Bahkan Syahrir mengaku pemerintah daerah masih juga menekan KK dari banyak pembayaran.

"Bagaimana kita bisa berkembang jika seperti ini, seperti pembayaran infrastruktur di daerah jika ditambahkan pasti akan lebih dari 30%, belum lagi biaya produksi yang sampai 50% bisa kah kita tetap bertahan di negara ini. Royalti itu sangat kecil sebut saja mungkin hanya 1%, dengan semua yang telah kami bayarkan sebagai KK maka kami minta agar tidak nailing down, pajak yang harus kami bayarkan harus berdasarkan kontrak yang kita tanda tangani," tambah Syahrir.

"Lihat renegosiasi tahap I, II dan III, tahukah berapa pajak perusahaan yang harus kami bayar 44%, Padahal seharusnya yang diatur dalam UU untuk corporate tax 25%, apapun yang dikerjakan perusahaan akan dikenakan corporate tax. Adalagi PPN, value added tax, royalti, PPN. Dimana keadilan kalau KK harus bayar royalti dan BK 20%?" tandas Syahrir. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU