Pembangunan Proyek PLTU Tidak Akan Rusak Lingkungan
PLTU (Istimewa)

Batang, Seruu.com - Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo menjamin pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga uap di Desa Karanggeneng, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, tidak akan merusak lingkungan karena konstruksi bangunan akan menggunakan teknologi terkini dari Jepang.

"Pembangunan PLTU yang akan dibangun di Batang, tidak akan berdampak merusak lingkungan karena proses kegiatan proyek terbesar di Asia Tenggara ini akan menggunakan batu bara yang bersahabat dan ramah lingkungan," katanya di Batang, Jumat.

Bupati Yoyok mengajak warga Desa Karanggeneng, Ponowareng, dan Ujungnegoro mengakhiri sikap kontra terhadap rencana pembangunan PLTU itu.

Proyek senilai sekitar Rp35 triliun itu, katanya, juga akan memberikan kontribusi positif terhadap warga dan pemerintah daerah.

Warga yang tanahnya untuk lokasi PLTU, katanya, tidak perlu khawatir akan kehilangan mata pencaharian karena pemkab akan ikut mengakomodasi mereka agar dapat bekerja di proyek itu.

Selain mengajak warga mengakhiri sikap kontra, pemkab juga meminta media dapat menjalankan peran dan fungsinya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, khususnya dalam perannya sebagai media informasi, pendidikan, dan kontrol sosial.

"Saya berharap rekan dari media dapat memberikan informasi yang positif dan bersifat mendidik pada masyarakat. Hal Ini perlu dilakukan agar masyarakat dapat lebih memahami tentang arti penting dan manfaat PLTU, bukan hanya bagi masyarakat setempat tetapi dalam skala yang lebih luas, yaitu bangsa Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, PLTU Batang merupakan proyek pertama yang akan menjadi percontohan terhadap proyek insfrastruktur lainnya dan akan menjadi barometer kepada pihak swasta dalam menentukan pilihan berinvestasi.

"Pada akhir 2016, ditargetkan proyek PLTU dengan kapasitas 2.000 megawatt ini sudah dapat dioperasikan untuk memenuhi jaringan kelistrikan Jawa-Bali. Mengingat manfaat yang didapat dari proyek PLTU ini, saya berharap pada warga dapat mengakhiri sikap kontra terhadap proyek itu," katanya.[ant/ast]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU