Politisi PAN :Tidak Ada Kerugian Negara Akibat Pemberlakuan Permen 7 Kecuali PHK Buruh
Aksi Spartan Menolak PHK Massal di Kementrian ESDM (dok. Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PAN, Totok Daryanto, menanggapi aksi gelar data Spartan di Komisi IX kemarin (25/6/12), menurutnya tidak ada kerugian lain untuk pemberlakuan Permen ESDM no 7 th 2012 dari sisi kepentingan negara kecuali PHK buruh tambang. Justru jika raw material itu terus menerus di ekspor maka negara akan merugi, hal ini disampaikannya saat ditemui Seruu.com kemarin di ruang rapat Komisi VII.

"Kalau dari sisi kepentingn negara selain PHK tadi tidak ada kerugian, jadi kalau material tambang itu tidak diekspor tidak akan ada kerugian", tuturnya kepada Seruu.com.

Totok menuturkan dalam permasalahan Permen 7 yang dibutuhkan adalah kompromi antara pengusaha dan pemerintah, karena pemerintah punya kewajiban untuk menegakkan peraturan UU Minerba, dimana tahun 2014 tidak boleh lagi ada ekspor raw material tapi harus diolah dan punya smelter.

"Saya nggak mau salahkan pemerintah atau pengusaha ini harus dicari jalan tengah dengan kompromi. Karena dilihat dari kalangan industri sekarang belum banyak yang siap atau banyak yang mengabaikan terhadap UU itu, artinya mereka hanya mau ambil untungnya saja ekspor bahan mentah tanpa mau memproses dan investasi untuk smelter", jelas Totok.

Totok menyimpulkan banyaknya pengusaha nakal yang tidak mau melaksanakan amanah UU Minerba, maka dari itu pemerintah membuat Permen 7. Karena seharusnya jika pengusaha tersebut memang niat sudah ada proposal pembuatan smelter, dengan alasan tak ingin disalahkan DPR, pemerintah-pun lantas membuat peraturan ini agar pengusaha tidak mengambil untungnya saja.

"Sebetulnya kan kalau kalangan industri siap dengan proposal pembangunan industri smelter pada 2014 kan bisa ekspor. Kan kesiapan untuk memiliki smelter 2014 itu harus dari sekarang dibuat proposalnya jadi nggak bisa 2014 nunggu nanti, nanti kalau nggak ada peraturan boleh ekspor nanti nggak bangun smelter kan mereka niatnmya ambil untung di depan aja", tandasnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU