Pertamina Akan Berinvestasi Dukung Rekonstruksi Irak
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Pada tahun 2015 nanti Indonesia diperkirakan mengalami kekurangan produksi minyak bumi hingga 300.000 barel/hari maka dari itu ekspansi Perusahaan Minyak Nasional (NOC) di luar negeri termasuk Irak sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan. Irak juga akan meningkatkan produksi minyak hingga 11 juta barel/hari pada 2016 untuk mendukung proses rekonstruksi, hal ini memerlukan investasi besar di sektor migas yang juga memerlukan keterlibatan negara sahabat yang salah satunya Indonesia.

Di sisi lain pemerintah Indonesia memerlukan dukungan pemerintah Irak agar dapat menfasilitasi Pertamina dalam mendapatkan pengembangan Lapangan Tuba dan Reaktivasi Blok 3 Western Dessert dan diwujudkan melalui MoU yang ditandatangani hari ini (27/6/2012).

Mengingat Indonesia mengalami peningkatan demand crude oil maupun produk berbasis hydrocarbon. Seperti diungkapkan Dirut Pertamina Karen Agustiawan, Deputi Minister Irak akan memberikan support agar Pertamina bisa masuk dan berinvestasi, namun karena lapangan tersebut telah memiliki operator maka Pertamina perlu berbicara be to be dengan operator tersebut.

"Ada 2 lpangan yang masing-masing 1,8 juta barel dan yang 2 lagi 1,2 juta barel tapi semua sudah ada operatornya saya tidak akan disebutin satu-satu, yang pasti tentunya Pertamina harus bicara be to be dengan 5 operator ini.  Kalau semua sudah sepakat, mereka harus dapatkan ijin dari pemerintah Irak dengan siapa mereka berinvestasi.  Yang pasti deputi ministernya akan berikan supportnya agar Pertamina bisa msuk," ujar Karen kepada media di hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Namun saat dikonfirmasi Karen mengaku belum tahu seperti apa kontrak dan investasi Pertamina, namun pihaknya berharap dari masing-masing lapangan bisa mendapatkan 10%.

"Target kami 2,5 juta barel dan yang 1,8 juta. Jadi kalau masing-masing 10% kan bisa menghasilkan. Lalu Western Dessert blok 3 diaktivasi lagi. Saya nggak minta 2 atau 3 lapangan, tapi kalau dapat 5 semuanya malah bagus dapat 2 aja alhamdulillah, kita sih  pengennya 10% tiap-tiap lapangan," tutup Karen.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU