Dengan Dasar Persaudaraan Irak Rangkul Indonesia Dalam Berbagai Kerjasama
Hussain Ibrahim Saleh Al-Shahristani

Jakarta, Seruu.com - Deputi Wakil PM Energi Irak Hussain al-Shahristani siang tadi telah menyaksikan penandatanganan MoU bidang energi dan sumber daya mineral dalam Indonesia-Iraq Bilateral Meeting on Energy di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (27/6/12), pihaknya mengaku  sangat senang mengunjungi Indonesia dengan delegasi Irak dari Kementerian berbagai bidang kerjasama antara kedua negara. Hal ini disampaikannya seusai penandatanganan MoU didampingi Menteri ESDM, Jero Wacik.

"Saya menemukan bahwa dua ekonomi dapat saling melengkapi. Energi sumber di Irak sangat besar dan kami dapat menyediakan pasar bagi Indonesia dengan minyak mentah untuk kilang mereka dan juga dengan produk gas seperti LPG dan LNG, tetapi juga beberapa produk pertanian yang kita impor dan Indonesia dapat menyediakan ini sehingga ada manfaat yang saling menguntungkan", ucap Hussain.

Tak hanya itu, sebagai negara dengan mayoritas beragama Islam, Hussain juga menuturkan adanya perasaan sebagai saudara yang sangat kuat antara Irak dan Indonesia.

"Orang-orang kita meskipun mereka hidup dalam jarak jauh dan dipisahkan satu sama lain, saya menemukan ada perasaan yang kuat, saya menemukan bahwa mereka dapat saling mengunjungi, mengunjungi situs Islam di Irak dan juga rakyat Irak datang ke Indonesia sebagai wisatawan untuk melihat budaya warisan", tandasnya.

Sementara itu, di waktu dan tempat yang sama Dirjen Migas Evita H Legowo juga menyatakan kerjasama ini akan berlangsung 4-5 tahunan. Meski belum tahu darimana crude diperoleh, dengan kerjasama ini ada Irak yang telah membuka kesempatan bagi Indonesia dalam kerjasama minyak, gas maupun yang lain.

"MoU ini hanya mengawali, belum ada kontrak dan ini tidak hanya migas energi juga, kelihatannya bukan servis kontrak tapi yang pasti kerjasama Deputi Minister Irak langsung meminta  bicara dengan masing-masing operator. Dimungkinkan bisa kita dapat minyak", tegasnya.[Ain]

KOMENTAR SERUU