PLN Janjikan Pelayanan Ekonomis Bila Mau bangun Smelter di Jawa Timur
Dirut PLN Nur Pamudji

Jakarta, Seruu.Com - PLN menyanggupi untuk memenuhi pasokan listrik untuk perusahaan tambang yang ingin membangun industri smelter, namun Dirut PLN Nur Pamudji menegaskan kesiapannya ini akan lebih cepat diimplementasikan bila smelter tersebut didirikan di wilayah Jawa Timur, mengingat pasokan listrik yang dihasilkan berlebih. Hal ini disampaikannya seusai diskusi di kantor Kadin, Kamis (28/6/2012) sore tadi.

"Kita mau melayani tapi ada cara yang lebih ekonomis, biasanya raw material ekspor kan dibawa ke Cina tapi ini lebih dekat dibawa ke Jawa Timur dan dimurbikan di sana karena listrik di Jatim ini surplus, setiap harinya saja dari hasil produksi listrik bisa dibawa ke Jakarta 3000 MW", kata Nur Pamudji.

Nur Pamudji menambahkan, di Jawa Timur juga surplus energi sehingga PLN tidak akan mengalami kesulitan meski ditambah pemakaiannya hingga 1000 MW, ditambah lagi dengan banyaknya pembangkit yang baru beroperasi.

"Kita nggak akan mengalami kesulitan meski ditambah sampai 1000MW pun masih bisa nampung, kita siap jika harus ada penambahan beban untuk smelter. Jadi di atas kertas bisa dibilang di Jawa Timur masih akan surplus sampai beberapa tahun ke depan", tambahnya.

Tak hanya itu, menurutnya sisa smelting dari pengolahan raw material bisa juga dijual ke pabrik semen seperti di Tuban dan Gresik untuk bahan campuran semen, jadi banyak pertimbangan kenapa nantinya dibangun dekat dengan Surabaya karena dijamin akan lebih menguntungkan juga dekat dengan pelabuhan. PLN mengaku juga telah menyetujui untuk pasokan listrik smelter di Sulawesi Selatan seperti Geneponto, dan Maros meski sepertinya tidak bisa menampung sepenuhnya karena persediaan listriknya terbatas.

"Seperti dari daerah Poso tidak begitu besar,kalaupun saat ini masih menerima beberapa di Sulsel nampaknya tidak bisa terlalu banyak smelter di Sulsel, kita mengarahkan lebih banyak di Jawa dan kita siapkan di Jawa".[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU