Satya W Yudha Ingatkan Agar Permen 7 Tidak Melenceng Dari Esensi UU Minerba No.4 Th 2009
Satya W Yudha

Jakarta, Seruu.com - Anggota Komisi VII Satya W Yudha yang juga politisi partai Golkar mengingatkan tentang banyaknya permasalahan yang simpang siur dalam Permen ESDM no 7 tahun 2012 agar jangan sampai masalah keluar dari esensi UU Minerba no 4 tahun 2009, hal ini disampaikannya saat dihubungi Seruu.com Jumat (29/6/2012).

Menurutnya inti dari UU Minerba yang telah dipisahkan menjadi dua kewajiban utama yaitu pelarangan ekspor ore dan yang kedua adalah pembangunan industri smelter untuk menambah add value.

"Untuk industri pada tahun 2014 nanti mereka sudah tidak boleh lagi ekspor dalam bentuk ore atau raw material. Dia harus menjual paling nggak dalam bentuk semi produk dan melakukan processing dalam negeri sehingga perlu ikatan kontrak industri-industri tersebut dengan industri smelter company di Indonesia agar 2014 dia tidak lagiualan ore atau raw material", jelas Satya.

Tak hanya kecilnya pendapatan negara bila mineral tersebut dijual mentah tapi Satya berpendapat ada alasan kuat  bila tetap yang dijual berupa ore karena justru akan mengerdilkan peningkatan SDM, yang artinya bila tidak segera membuat semi produk sama saja dengan membiayai SDM di negara lain.

"Yang kedua, apabila mereka melakukan pemrosesan di dalam negeri akan menimbulkan pekerjaan baru karena akan muncul banyak smelter company yang ada di Indonesia. Dan yang tidak kalah penting bahwa menjual semi produk itu akan mendatangkan nilai tambah bagi produk itu sendiri dibanding menjual ore seperti negara-negara dengan latar belakang yang jauh belum berkembang", tambah Satya.

Maka dari itu menurut Satya sejak saat ini pengusaha tambang nasional harus berani menatap industrialisasi agar mampu bersaing di pasar global. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU