Hari Ini Pertamina Pusat Janjikan Beri Keputusan Bagi Pekerjanya di Indramayu
Foto Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Ribuan pekerja Pertamina hingga Minggu (1/7/12) kemarin masih melakukan mogok kerja setelah pada (25/6/12) lalu ratusan buruh Pertamina berunjuk rasa dan mogok kerja di depan gerbang kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) dan Serikat Buruh Indonesia (SBI). Aksi yang sempat diwarnai kericuhan antara aparat keamanan saat demonstran berusaha merobohkan pintu pagar kilang, bahkan, para pekerja juga melempari batu ke arah petugas yang berjaga-jaga di depan pagar.

Aksi tersebut merupakan wujud kekecewaan pekerja Pertamina karena  2 hari sebelum pemogokan dihasilkan sebuah kesepakatan tanggal 22 Juni, yaitu pertemuan dengan Pertamina pusat bersama DPRD dan Dinsosnaker Indramayu di Pertamina pusat. Seperti disampaikan Nining, Ketum KASBI para pekerja didampingi kawan-kawan KASBI  telah memiliki niat baik dengan datang ke Pertamina untuk menyelesaikan masalah yang tidak pernah terselesaikan, namun Pertamina malah membuat birokrasi yang begitu rumitnya.

"Memang kelihatannya ada indikasi pertemuan itu tidak terjadi. Sehingga itu membuat kemarahan tambahan pekerja terhadap Pertanmina, akhirnya mulai tanggal 25 Juni buruh melakukan pemogokan kerja kembali di beberapa daerah salah satunya Balongan. Aksi itu pemogokan total dan semua terhenti, dari situ tuntutan masih sama dan hingga hari ini masih ada pemogokan di Pertamina Indramayu," jelas Nining kepada Seruu.com, Minggu (1/7/12) kemarin.

Hasil dari aksi pemogokan kemarin, pihak Pertamina menurut Nining telah memberikan respon. Pada awalnya Pertamina mengirimkan surat lewat email, lewat Pertamina Indramayu untuk ada pertemuan kembali di Jakarta namun ditolak oleh para pekerja.  Karena kecewa pada kesepakatan tanggal 22 Juni yang ternyata perwakilan dari daerah mendatangi Pertamina pusat namun tidak ada pertemuan disana.

"Karena dari pihak Kepolisian, Dandim dan pemerintah daerah melihat bahwa ini akan berpengaruh punya efek domino yang secara nasional paskah pemogokan kawan-kawan pekerja semakin besar dan melawan, akhirnya pemerintah mendesak Pertamina agar datang ke Indramayu. Besok tanggal 2 Juli ada pertemuan antara Pertamina pusat, serikat buruh yang tergabung dengan KASBI, buruh-buruh Pertamina di Pendopo Pemda Indramayu. Kita belum tahu apakah yang datang itu bisa mengambil keputusan kita mebghormati ada kehendak baik Pertamina untuk melakukan perundingan terhadap pekerja yang ada dalam KASBI," ujar Nining.[Ain]
 

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU