DPR Juga Tidak Memiliki Kesadaran Akan Gagalnya Renegosiasi
Maruwarar Siahaan (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Tak hanya pemerintah yang dipertanyakan kinerjanya hingga renegosiasi belum juga berjalan hingga kini, bahkan molor 2 tahun sejak 2010. Fungsi DPR-pun akhirnya dipertanyakan karena DPR-lah  yang seharusnya punya hak pengawasan untuk renegosiasi. Namun sayangnya menurut mantan hakim MK Maruwarar Siahaan belum ada ketegasan dari DPR tentang itu.

Menurutnya DPR harus ada inisiatif dari setiap anggotanya agar menekan dan mentargetkan adanya renegosiasi ini, ia melihat kesulitan dari renegosiasi sendiri ada di DPR sekarang. Justru ada indikasi DPR sangat sulit jika mengakui bahwa pemerintah lalai dalam melaksanakan pasal 169.

"DPR harus ada inisiatif yang dilakukan karena dilihat komposisi DPR itu seperti apa. Tapi langkah awal harus dilakukan, DPR ada nggak dalam mencetuskan ini meskipun ada ketentuan dalam pasal itu saya duga tidak ada kesadaran untuk melakukan itu," ujar Maruwarar kepada Seruu.com.

Bila renegosiasi belum juga terjadi Maruwarar mengharapkan ada inisiatif dari rakyat sendiri, karena DPR tidak menjalankan mandat yang diberikan. Maka rakyat sendiri yang akan turun seperti yang dilakukan para LSM dengan melakukan gugatan di Pengadilan.

"Ini bisa jadi inspirasi tanpa menunggu DPR karena mereka tidak melaksanakan inisiatif yang layak seperti diamanahkan dalam UU yang kita berikan kepada mereka," tegasnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU