Wabup Bombana: Kendari Minta Pemerintah Buat Peraturan Pertambangan Dengan Mekanisme yang Sesuai
Wakil Bupati Bombana, Masyura (Foto: Nurul Aini/Seruu.com)
Kita harus cari jalan keluar agar peraturan ini berdampak positif, karena aturan ini tidak harus semua untuk jenis pertambangan. Pemerintah hendaknya dalam membuat peraturan harus sesuai mekanismenya juga - Masyura

Kendari, Seruu.com - Bombana, Kendari adalah salah satu daerah dengan jumlah pertambangan cukup besar di Kendari, dimana terdapat kurang lebih 84 IUP disana.  Wakil Bupati Bombana, Masyura juga tidak menampik adanya Permen 7 ini juga membawa banyak dampak bagi ekonomi warga pertambangan disini.

Masyura mengaku dengan pemberlakuan Permen ini PHK mau tidak mau terjadi, juga banyak karyawan yang dirumahkan sementara karena perusahaan tidak akan mungkin mau membayar karyawan jika tidak ada kegiatan apapun.

"Kita harus cari jalan keluar agar peraturan ini berdampak positif, karena aturan ini tidak harus semua untuk jenis pertambangan. Pemerintah hendaknya dalam membuat peraturan harus sesuai mekanismenya juga," tegasnya kepada Seruu.com saat disambangi di kediamannya tadi sore, Kamis (5/7/2012).

Sementara itu ditinjau dari pembangunan smelter ia menilai pemerintah juga harus melihat berapa besar cadangan mineral dari perusahaan tambang tersebut, dan mengatur bagaimana bisa diclusterkan karena tidak semua perusahaan tambang mampu membangun industri smelter, dan yang terpenting ketersediaan listrik juga harus diperhatikan.

"Saya harapkan ada jalan keluar yang bisa tersosialisasi dengan baik, jadi  masyarakat bisa paham. Karena  imbasnya bisa jadi saat mengambil kredit kemudian harus stop, bayangkan rangkaian kemacetan kredit ini, akhirnya perusahaan sudah tidak punya keberanian lagi untuk industrialisasi," tegasnya.

Meskipun berat menghadapi dampak Permen ini, Masyura merasa harus menyiapkan program karena pasti akan banyak keluhan dari para korban PHK. Bahkan Wakil Bupati ia mengaku sering memberi motivasi pada masyarakatnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU