Gubernur Sultra Akui Banyak Penyimpangan Dalam Pengelolaan Tambang
Nur Alam, Gubernur Sultra (Foto: Nurul Ainiyah/Seruu.com)

Kendari, Seruu.com - Banyaknya perusahaan tambang nasional di Sulawesi Tenggara yang salah satunya di Kendari diharapkan tak hanya mampu menambah income untuk daerah namun juga untuk negara, namun nyatanya sangat minim bahkan belum mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak hanya untuk pengusaha tambang. Seperti ditegaskan Nur Alam, Gubernur Sultra saat ditemui di kediamannya di Kendari 5 hari lalu (6/7/2012).

"Jangan sampai pertambangan ini merusak usaha-usaha lain dari masyarakat yang tidak bergerak di bidang pertambangan, bagaimana tambang menjadi salah satu potensi penerimaan negara yang diharapkan akan lebih besar  yang dapat meningkatkan nilai baik dalam pemanfaatan lahan, nilai ekonomi maupun nilai dari kesejahteraan masyarakat dan penerimaan negara jangan sebaliknya," jelasnya kepada Seruu.com

Menurutnya saat ini ada ada kecenderungan tambang menjadi sorotan dunia dan akan menakutkan juga menjadi ancaman jika pola pengelolaannya salah. Namun sayangnya di Sulawesi Tenggara secara umum mayoritas ijin-ijin (IUP) yang sudah diperoleh dan beroperasi baik dalam proses eksplorasi maupun eksploitasi menyimpang dari tata kelola tambang, sehingga merusak lingkungan, merusak usaha-usaha lain, mengorbankan masyarakat dan belum memberikan penerimaan yang berarti bagi negara.

"Saya harapkan dengan munculnya Permen ESDM no 7 th 2012 ini akan memberikan semangat baru, harapan baru untuk kita memperbaiki tata kelola tambang mulai dari proses eksplorasi sampai dengan proses fisik di lapangan," tambahnya.

Oleh karena itu, Ia berpendapat diperlukan sinkronisasi antar peraturan perundang-undangan juga pemberian kesempatan yang luas kepada daerah dan masyarakat agar bisa mengakses diri didalam perusahaan tambang sehingga keraguan atau ketakutan akan tambang akan merugikan bisa diselesaikan melalui proses penahanan sementara ekspor tambang. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU