Desak Dukungan Tertulis Dari DPRD, 1000 Buruh Spartan Lakukan Aksi Menginap
Demo Buruh Tambang Spartan di DPRD Sulteng (foto : Adjie / Seruu.com)

Palu, Seruu.com - Sekitar 1000 orang buruh tambang yang tergabung dalam Solidaritas Para Pekerja Tambang Nasional (Spartan) memutuskan untuk melakukan aksi menginap di DPRD Sulawesi Tengah untuk mendesak agar para wakil rakyat tersebut memberikan dukungan tertulis terhadap perjuangan buruh tambang menolak PHK Massal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rohim, juru bicara SPARTAN Region Sulawesi Tengah usai dialog dengan DPRD Sulteng di Palu, Senin (16/7/2012).

"Mereka bilang mendukung perjuangan tapi buat kami itu tidak ada artinya jika tidak tertulis, makanya kami akan tunggu sampai mereka bisa keluarkan pernyataan itu secara tertulis," tutur Rohim.

Menurut Rohim perwakilan DPRD yang menemui mereka diantaranya adalah Nawawi dari Demokrat dan Ridwan Yalidjama  dari Partai Golkar mengatakan bahwa secara pribadi mereka menyesalkan bahwa dampak regulasi yang dikeluarkan pemerintah telah membuat nasib buruh berada diujung tanduk. Namun mereka mengaku tidak punya kapasitas untuk memutuskan ataupun mengintervensi peraturan tersebut karena hal itu sepenuhnya wewenag pemerintah pusat di Jakarta.

"Untuk itu kami meminta kelima orang tadi memperjuangkan aspirasi kami di level pimpinan sehingga secara tegas DPRD Sulawesi Tengah menyatakan dukungannya  dan menjadi modal kami untuk berangkat ke Jakarta," tandas Rohim.

Seperti diketahui sejak pagi tadi sekitar 1000 buruh tambang dari Spartan yang merupakan perwakilan buruh dari puluhan perusahaan tambang yang ada di provinsi tersebut melakukan aksi bersama menolak PHK Massal yang dilakukan perusahaan tambang terkait dengan regulasi baru dari pemerintah.

Regulasi baru tersebut yang disebut sebagai penyebab utama PHK adalah Permen ESDM 07, 11 dan aturan Bea Keluar yang membuat sejumlah perusahaan tambang terkena larangan ekspor dan terhenti produksinya. [musashi]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU