Ketua DPRD Morowali Dukung Aksi Tuntutan Buruh Tambang Terhadap Pemerintah
Foto Ilustrasi

Morowali, Seruu.com - Sebanyak 1000 massa buruh tambang yang tergabung dalam Solidaritas Para Pekerja Tambang Nasional (Spartan) hari ini (16/7/2012) memutuskan untuk melakukan aksi menginap di DPRD Sulawesi Tengah untuk mendesak agar para wakil rakyat tersebut memberikan dukungan tertulis terhadap perjuangan buruh tambang menolak PHK Massal.

Aksi ini bukan kali pertama dilakukan Spartan dalam menuntut keadilan dari pemerintah atas terjadinya PHK massal akibat diberlakukannya Permen ESDM no 7 th 2012, sebelumnya juga pernah dilakukan aksi dengan tuntutan yang sama.

Seminggu lalu Ketua DPRD Morowali Abudin Halilu, sempat mengatakan masalah PHK adalah masalah besar dari pemberlakuan Permen ini dan buruh tambang tidak akan tinggal diam untuk memperjuangkan nasib mereka. Pihaknya juga menunggu langkah apa yang bisa dilakukan pemerintah melihat implikasi dari peraturan yang baru terbit 6 Mei 2012 tersebut.

"Ini kebijakan pemerintah pusat, namun bagaimana melihat itu dari sisi banyaknya PHK, apa lamgkah yang bisa dilakukan pemerintah? Yang jelas kita berikan dukungan atas perjuangan mereka", tegasnya saat ditemui Seruu.com di kantornya.

Kedepannya Abudin berharap pertambangan tidak dibebaskan dan tanpa pembatasan karena dikhawatirkan bila terlalu leluasa tahun 2014 akan habis. Ia juga meminta kepada pemerintah supaya para korban PHK bisa cepat bekerja kembali.

"Mudah-mudahan ada kebijakan dari pusat dalam rangka kepentingan daerah pemerintah bisa mempekerjakan buruh lagi dengan baik di daerah, lingkungn tidak terganggu dan rusak, kemudian pabrik harus dibangun, yang pasti reklamasi harus jadi tanggung jawab perusahaa", pungkasnya. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU