Hilirisasi Harus Dilandasi UUD 45 dan UU Minerba no 4 tahun 2009
Sonny Keraf (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Motivasi pelaksanaan hilirisasi sebagai  implementasi Permen ESDM no 7 th 2012 sudah seharusnya menjadi kewajiban perusahaan pertambangan mineral tak hanya nasional tapi juga Kontrak Karya.
 

Kewajiban melakukan pemurnian ini juga diiringi dengan pembangunan smelter serta menghentikan ekspor ore pada tahun 2014, sebagai contoh selama ini Freeport yang masih ekspor konsentrat sebesar 70% dalam bentuk biji-bijian, lalu dimurnikan dan diproses di luar negeri. Seperti diungkapkan Mantan Ketua Panja RUU Pertambangan Mineral dan Batu Bara Sonny Keraf saat ditemui Seruu.com seusai Seminar Hilirisasi di  Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (17/7/2012).

"Itu hasilnya kan dijual ke dalam negeri dan luar negeri setelah dimurnikan, artinya pasar untuk itu ada, kita hanya memindahkan lokasi smelter yang selama ini dibuat di luar kita pindahkan ke sini sehingga multiplayer effect dari seluruh smelter ini untuk Indonesia," ucapnya.

Beberapa hal utama menurutnya harus diperhatikan oleh pemerintah dari segi industri yaitu ketersediaan listrik, lalu dari sisi lingkungan bagaimana agar limbah dari pabrik itu bisa dimanfaatkan dengan baik. Namun yang terpenting adalah poin dalam UU Minerba adalah ore tidak boleh diekspor dalam bentuk mentah, karena dianggap sangat merugikan Indonesia.

"Pasal 33 UUD 45 itu yang diterapkan bahwa kemudian juga di industri sebesar-besarnya harus diperuntukkan untuk dalam negeri. Kalau bisa seluruh SDA Indonesia diproses dalam negeri dengan demikian akan menyerap banyak tenaga kerja. Masa semua kita kirim ke luar dan dikemas lalu diimpor lagi kesini?" tegas Sony.

Setelah adanya Permen ini Sony mengakui banyak yang sudah mengajukan smelter, meskipun perlu sedikit keras dan penekanan. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU