Pengamat : Dugaan Pungli Dalam Pengurusan C&C Adalah Upaya Pemerintah Jadikan Pengusaha Tambang Sumber ATM
Ilustrasi (Istimewa)
Jangan peraturan diperluas atau dikeluarkan hanya untuk menjebak pengusaha agar terperangkap dan dijadikan sumber ATM, itu harus ditindak tegas,

Jakarta, Seruu.com - Jawaban naik pitam Dirjen Minerba, Thamrin Sihite saat dikonfirmasi dugaan pungli yang dilakukan oknum berinisial F, DS dan N di kantor Minerba untuk pengurusan ijin C&C yang selama ini menjadi  keluhan beberapa perusahaan tambang agar bisa melakukan ekspor kembali hingga 2014 sambil membangun pabrik smelter, mendapat tanggapan dari pengamat pertambangan Kurtubi.


Kurtubi menegaskan dugaan pungli dalam C&C ini yang harus disoroti secara tegas, dan kalau memang ada oknum pemerintah yang mengail di air keruh harus langsung dilaporkan ke KPK saja dilaporkan agar cepat  ditindak tegas, pernyataannya ini dismapaikannya pada Seruu.com pagi tadi, Kamis (19/7/2012).


"Teman-teman wartawan harus memonitor sehingga kalau benar terjadi langsung lapor ke KPK saja, itu harus didorong dan disoroti juga tindak tegas ini," ucapnya.


Dengan adanya dugaan pungli ini, Kurtubi berpendapat bahwa rumitnya pengurusan birokrasi termasuk C&C ada upaya untuk kepentingan pribadi beberapa pihak yang mengambil kesempatan mengambil keuntungan dari perusahaan tambang mineral.


"Jangan peraturan diperluas atau dikeluarkan hanya untuk menjebak pengusaha agar terperangkap dan dijadikan sumber ATM, itu harus ditindak tegas," tambah Kurtubi.


Sementara itu Thamrin 2 hari lalu menyatakan selalu menerima laporan lengkap mengenai apapun yang terjadi dalam pengurusan C&C maupun persayaratan lain agar bisa melakukan ekspor.


"Dan laporan mengenai adanya pungli belum ada satupun yang masuk," tegasnya. Jadi jangan banyak tanya nanti situasi menjadi tidak kondusif lagi untuk rencana jangka panjang," jawabnya singkat kepada Seruu.com siang ini, Selasa (17/7/2012).[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU