Pemerintah Akan Setujui Perpanjangan Kontrak Freeport Hingga 2021 Asal Ada Rencana Jangka Panjang
Dirjen Mineral dan Batu bara, Thamrin Sihite (Foto: Ain/Seruu.Com)

Jakarta, Seruu.com - UU Minerba Nomor 4 Tahun 2009 yang mengatur  ketentuan kontrak karya dan PKP2B disesuaikan dengan undang-undang paling lambat setahun setelah  diundangkan, yaitu Januari 2010 mewajibkan sejumlah 76 kontrak karya dan 42 PKP2B yang harus dinegosiasi ulang oleh pemerintah. Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Thamrin Sihite menyampaikan renegosiasi kontrak ditargetkan rampung tahun 2012.

Data pemerintah menyebutkan beberapa perusahaan secara prinsip belum setuju terhadap pembatasan luas wilayah eksplorasi, maksimal 100 ribu hektare dan 50 ribu hektare, masing-masing untuk perusahaan kontrak karya dan PKP2B. Sedangkan area untuk operasi produksi dibatasi maksimal 25 ribu hektare dan 15 ribu hektare untuk perusahaan kontrak karya dan PKP2B.

Salah satu KK yang mengajukan perpanjangan adalah PT Freeport indonesia yaitu hingga th 2021, namun Thamrin mengatakan perpanjangan tersebut harus disertai rencana jangka panjang hingga berakhirnya kontrak.

"Freeport mengajukan sampai 2021 artinya bagaimana rencana mereka di tahun itu jadi kita bisa hitung luas wilayahnya yang diperlukan. Luas wilayah objektif saja ditentukan, kita setujui 250 ribu ton/hari itu sudah mempertimbangkan supaya mendukung lingkungan, visible atau nggak secara tehnis, ekonomis. Hitung kalau 250 kontraknya sampai 2021 itu cadangannya berapa", jelas Thamrin sore tadi di KESDM (23/7/2012).

Thamrin menyatakan akan menghargai perusahaan KK hingga berakhir kontrak, bahkan dalam UU Minerbapun sudah diatur untuk operasi produksi bisa sampai 25 ribu, namun ini bisa lebih dari itu jika mereka menyampaikan rencana jangka panjang mereka.

"Dalam pengertian kita masa kontraknya dia, kira-kira berapa yang dibutuhkan luas wilayah itu dan kalau itu disetujui yaitu jalannya mereka harus sampaikan rencana jangka panjang itu". [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU